HALAMAN INI MERUPAKAN FORUM UNTUK MENDISKUSIKAN MATERI LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM BERDASARKAN VIDEO PEMBELAJARAN YANG TELAH DISAJIKAN DAN MATERI BACAAN YANG TERSEDIA. SILAKAN DISIMAK VIDEONYA SERTA PELAJARI MATERI BACAAN YANG TERSEDIA. SELANJUTNYA JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT INI:
BAGAIMANA PERAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP KETERCAPAIAN PENDIDIKAN ISLAM ITU SENDIIRI, JELASKAN PENDAPAT ANDA!
SETIAP MAHASISWA WAJIB MENJAWAB PERTANYAAN TERSEBUT UNTUK SELANJUTNYA DITANGGAPI OLEH MAHASISWA LAINNYA. SETIAP MAHASISWA WAJIB MENANGGAPI JAWABAN YANG DIAJUKAN OLEH MAHASISWA LAINNYA (DIPILIH SECARA ACAK) SEBANYAK 2 KALI. (PERHATIKAN RUBRIK PENILAIAN DISKUSI)
FORMAT POSTINGAN JAWABAN DAN TANGGAPAN ADALAH SEBAGAI BERIKUT:
NAMA:
NIM:
JAWABAN/TANGGAPAN:
Nama: Mutmainnah
BalasHapusNIM : 10256120012
Lingkungan pendidikan merupakan faktor keberhasilan suatu pendidikan. jika lingkungan pendidikan suatu anak baik maka pendidikan yang didapat juga dapat bermanfaat untuk dirinya dan orang lain. Dengan begitu suatu pendidikan dapat dikatakan berhasil. Lingkungan pendidikan terdiri dari 3 yaitu lingkungan Keluarga, lingkungan Sekolah dan Lingkungan masyarakat.
Lingkungan keluarga merupakan lingkungan yang membentuk kepribadian anak. baik tidaknya tingkah laku anak ketika dewasa sangat dipengaruhi oleh pola asuh orang tuanya. Dalam hadis Nabi juga disebutkan bahwa manusia dilahirkan atas dasar fitah, yang menjadikan seorang anak menjadi majusi, yahudi ataupun Nasrani adlah orang tuanya. maka jelas bahwa lingkungan keluarga bertanggung jawab atas keberhasilan suatu pedidikan islam.
selanjutnya lingkungan sekolah, difungsikan sebagai tempat untuk memberikan bekal skill dan pengetahuan anak. Disekolah anak di ajarkan beberapa keahlian, pengetahuan tentang ilmu-ilmu yang bersangkutan dengan dunia. sekolah menjadi tempat kedua pembentukan karakter anak setelah keluarga. dalam lingkungan sekolah diharapkan pihak sekolah dapat diajarkan sesuai dengan harapan orang tua. dengan begitu sekolah harus menjalankan proses pendidikan islam sesuai dengan karakteristik serta sistem pendidikan bercorak islam.
Lingkungan terakhir yaitu lingkungan Masyarakat atau sosial. lingkungan masyarakat ini digunakan sebagai penerapan atau praktek segala keahlian, perilaku atau sifat yang didapat anak dalam lingkungan keluarga dan sekolah serta sebagai pengembangan kemampuan. lingkungan masyarakat dapat dikatakan sebagai pendidikan non-formal dikarenakan secara tidak langsung telah mendidik anak. lingkungan masyarakat yang baik akan menciptakan kepribadian yang baik pada setiap anak.
ketiga lingkungan pendidikan di atas harus di pisahkan, sebaliknya harus bekerja sama dengan harapan tujuan pendidikan islam tercapai. orang tua dalam lingkungan keluarga harus memperhatikan betul perkembangan dan kepribadian anknya dan berusaha memberikan pendidikan yang baik dan cukup untu mempersiapkan anaknya memasuki lingkungan sekolah. pada lingkungan sekolah guru sebaiknya profesional terhadap tanggungjawabnya sebagai orang tua di sekolah. Guru harus membekali peserta didik keahlian dan pengetahuan untuk mempersiakan dirinya menjadi masyarakat yang berilmu dan berakhalqul kharimah sesuai syariat islam. manusia merupakan makhluk sosial dengan begitu tentunya tidak terlepas dengan masyarakat, maka setiap manusia harus menjadi masyarakat yang bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat lain serta bangsa dan negara. itulah tujuan dari pendidikan Islam.
NAMA : UMMU ATHIYAH
HapusNIM : 10256120015
Saya setuju dengan statement anda, yang ingin saya tanyakan bagaimana cara mengoptimalkan peran orang tua yang sibuk terhadap anaknya yang membutuhkan pola asuh yang baik, apakah dengan memasukkan ke pesantren/asrama adalah jalan yang terbaik?
Nama : Mutmainnah
HapusNIM :l 10256120012
JAWABAN UNTUK SAUDARI UMMU ATHIYAH
Telah diketahui bahwa peran orang tua sebagai pendidik sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan sang anak, sesibuk apapun orang tua dengan pekerjaannya tetap tidak boleh lalai terhadap anaknya. peran orang tua sebagai pedidik dimulai sejak anak masih dalam kandungan, pada saat itu biasanya orang tua dilarang untuk mengatakan perkataan kasar sampai bayi lahir kedunia, orang tua di ajarkan untuk menjaga sikap dan perkataan didepan bayi,selalu memberikan perhatian kepadaa bayi dan menyayanginya dengan sepenuh hati. hal-hal tersebut adalah bebrapa pola asuh yang baik bagi anak sebelum memasuki lingkungan sekolah. Nah mengenai orang tua yang ingin memasukkan anaknya ke pesantren, tentu hal tersebut adalah jalan terbaik. Dengan begitu anak-anak akan dikenalkan lingkungan sekolah yang baik contohnya pada poesantren biasanya akan diajarkan disiplin waktu dan sopan santun. dengan memperkenalkan lingkungan pesantren kepada anak, tentu anak akan lebih dalam mengetahui ajaran islam di banding dengan lingkungan sekolah formal. Meskipun anak di masukkan ke pesantren, bukan berarti orang tua lepas tanggung jawab terhadap anak. Usahaan orang tua tetap memberikan perhatian kepada anak ketika anak berjuang menuntut ilmu di pesantren, seperti menanyakan kabar kepada anak, memberi uang saku atau perlengkapan anak, dan yang paling penting adalah memberi semangat dan dorongan kepada anak agar tetap semangat belajar.
Nama : Dheanda Aulia Fitri
HapusNim : 10256120005
Saya setuju dengan statement yang di paparkan oleh saudari Mutmainnah tentang pola asuh orang tua sangat mempengaruhi baik tidaknya tingkah laku anak. Lalu bagaimana dengan anak- anak yang sudah menjadi yatim piatu sejak masih balita apakah mereka dapat di katakan anak-anak yang memiliki tingkah laku yang buruk, karena tidak memiliki pola asuh dari orang tuanya???
nama : Mutmainnah
HapusNIM : 10256120012
jawaban untuk saudari Dheanda Aulia Fitri
Anak yatim piatu merupakan tanggung jawab bagi semua umat muslim, makanya dalam al-Qur'an sangat banyak kita dianjurkan untuk memberi sedekah ke anak yatim, dilarang mengambil hak anak yatim ataupun menyayangi anak yatim. seorang anak yang yatim piatu sejak balita, maka yang menjadi tanggung jawab utama atas anak ini tentu kerabat dari balita tersebut, kerabatnya harus memberi kasih sayang layaknya orang tua kandung.
jadi intinya anak yang yatim piatu sejak balita tetap diberi pola asuh oleh keluarga atau kerabatnya meskipun balita tersebut di masukkan ke panti asuhan, berarti orang yang mengasuh balita tersebut yang bertnaggung jawab atas pola asuh anak itu. Jadi dikatakan anak yang memiliki tingkah laku yang buruk jika anak tersebut memang berprilaku yang buruk bukan karena anak tersebut tidak memiliki orang tua.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusNama : ADRIANI
HapusNIM : 10256120018
Dari ketiga lingkungan yang anda kemukakan ini apakah semuanya harus ada atau tidak? Kemukakan pendapat anda dan dari ketiga lingkungan tersebut manakah yang lebih besar dampak yang diberikan kepada peserta didik? Kemukakan pendapat anda
Nama :Eka safitri
HapusNim :10256120006
Menurut anda seperti yang tadi di atas dikatakan lingkungan kluarga, bagaimana ada seorang anak yang bahkan lingkungan kluarga pun tidak. Mendukung dalam bidang pendidikan apa tindakan yang harus anda dilakukan? Jika itu anda?
Nama : ADRIANI
BalasHapusNIM : 10256120018
Peran lingkungan pendidikan dalam ketercapaian adalah karena mental, perilaku, moral, ilmu seseorang itu mampu dibentuk dan di tempa dalam proses lingkungan itu ketika lingkungan itu mampu memberikan kontribusi yang baik maka seseorang akan terbentuk dengan baik pula.
Nama : Mutmainnah
HapusNIM : 10256120012
Dari pernyataan diatas bagaimana contoh peran lingkungan pendidikan islam dalam pendidikan islam sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai?
Nama : ADRIANI
HapusNIM :10256120018
(Jawaban untuk saudari Mutmainnah)
Contohnya adalah peran lingkungan keluarga dimana pendidikan yang diberikan oleh orang tua merupakan titik awal dari perkembangan keilmuan seorang anak (peserta didik) ketika dalam lingkungan keluarga ini sudah tidak baik maka kebiasaan yang akan terjadi akan begitu pula makanya lingkungan itu sangat berpengaruh terhadap pendidikan Islam.
NAMA : UMMU ATHIYAH
BalasHapusNIM : 10256120015
Menurut saya peran lingkungan pendidikan Islam dalam ketercapaian Pendidikan Islam itu sendiri sangat berpengaruh, karena lingkungan Pendidikan Islam merupakan lingkungan atau tempat yang berguna untuk menunjang suatu kegiatan pendidikan yang didalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan keislaman sehingga terselenggaranya pendidikan Islam dengan baik dan tercapainya tujuan Pendidikan Islam. Lingkungan pendidikan Islam terdiri dari 3 macam yaitu, keluarga, sekolah, dan Masyarakat. Tanpa adanya dukungan dan partisipasi yang baik dari orang-orang disekitar/lingkungan maka tujuan Pendidikan islam ini akan sulit untuk dicapai, mengapa karena manusia memiliki sifat meniru dari apa yang dilihatnya, ini biasanya terjadi pada anak-anak. Mereka akan meniru apa yang dilakukan orang tuanya, jika orangtuanya tidak mencerminkan perilaku yang baik maka kemungkingan besar anaknya pun akan melakukan hal yang sama. Disinilah peran lingkungan sangat penting. Sampai dewasa pun sifat meniru ini akan selalu ada yaitu mengikuti trend yang terjadi di masyarakat. Oleh karena itu, sangat diperlukan kebijakan dalam memilih lingkungan pendidikan, baik itu teman dan masyarakat di sekitar kita.
Nama : Mutmainnah
HapusNIM : 10256120012
saya setuju dengan pernyataan saudari Ummu Athiyah bahwa peran lingkungan pendidikan islam sangat berpengaruh pada ketercapaian pendidikan itu sendiri. di katakan dia atas bahwa lingkungan pendidikan terdiri atas 3 yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. ketiga lingkungan tersebut harus memiliki sangat penting. Nah bagaimana jika suatu anak memiliki lingkungan keluarga serta sekolah yang baik, Namun pada lingkungan masyarakatnya ternyata tidak baik contohnya banyak disekitaran masyarkat yang tidak sholat, banyak yang suka minum-minuman keras dan sebagainya. Apakah anak tersebut akan memiliki pribadi yang tidak baik? mengingat anak tersebut telah dibekali pengetahuan dan kepribadian pada lingkungan keluarga dan sekolah. Lalu solusi apakah yang tepat untuk si anak tersebut?
NAMA : UMMU ATHIYAH
HapusNIM : 10256120015
Jawaban untuk saudari Mutmainnah, menurut saya jika anak tersebut telah dibekali oleh ilmu pengetahuan, dan dia telah mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk serta bisa mengontrol diri, maka dia tidak akan terpengaruh oleh lingkungan yang tidak baik. Dia akan menyeleksi pergaulannya, dan itu tergantung lagi dari individu masing-masing karena setiap manusia itu berbeda ada yang gampang goyah dan ada yang berpendirian teguh. Jadi kembali lagi pada individu tersebut.
NAMA : ASMAWATI
HapusNIM : 10256120004
TANGGAPAN SAYA
Bagaimana jika ketiga komponen tersebut mengalami gangguan atau dengan kata lain tidak stabil, apakah masih ada kemungkinan akan keberhasilan tercapainya suatu pendidikan Islam itu sendiri atau tidak? mohon penjelasannya
Jawaban untuk Saudari Asmawati,
HapusMenurut saya kemungkinan keberhasilannya sangat sedikit, kenapa? karena manusia adalah makhluk sosial yang didalam kehidupannya mereka jalani dengan orang lain dan gampang terpengaruh oleh orang lain/masyarakat jika ketiga komponen tersebut tidak mendukung maka akan sulit tercapai sebuah pendidikan islam pada individu.
Nama : Dheanda Aulia Fitri
BalasHapusNIM : 10256120005
Lingkungan mempunyai peranan penting dalam keberhasilan pendidikan Islam, karena perkembangan jiwa peserta didik sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan yang ada disekitarnya. Lingkungan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik, baik itu pengaruh yang positif maupun pengaruh negatif.
Lingkungan juga dapat berpengaruh terhadap sikap, akhlak, etika, maupun moral peserta didik. Pengaruh tersebut terutama datang dari teman sebaya maupun masyarakat lingkungannya. Ketika berada diantara teman sebaya ataupun masyarakat terjadilah interaksi yang dilakukan individu dengan lingkungannya.
Banyak yang mengartikan lingkungan hanyalah alam sekitar, sedangkan dalam arti luas lingkungan mencakup segala sesuatu yang mengitari kehidupan, baik berupa fisik seperti alam jagat raya dengan segala isinya maupun berupa non fisik seperti suasana kehidupan beragama, nilai-nilai dan adat istiadat yang berlaku di masyarakat, ilmu pengetahuan serta kebudayaan yang berkembang.
lingkungan pendidikan Islam merupakan lingkungan atau tempat yang berguna untuk menunjang suatu kegiatan pendidikan yang didalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan keislaman sehingga terselenggaranya pendidikan Islam dengan baik.
Ada tiga macam lingkungan pendidikan Islam yaitu sebagai berikut :
1.Lingkungan Keluarga (informal)
Keluarga merupakan masyarakat terkecil dalam kehidupan umat manusia sebagai makhluk sosial, yang juga merupakan unit pertama dalam masyarakat. Pada lingkungan keluarga inilah terbentuknya tahap awal proses sosialisasi dan perkembangan seorang individu. Lembaga pendidikan keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama, karena di dalam keluarga inilah tempat meletakkan dasar-dasar kepribadian anak. Unsur utama yang menjadi landasan pokok dalam pendidikan lingkungan keluarga yaitu adanya rasa kasih sayang serta terselenggaranya kehidupan beragama yang mewarnai kehidupan pribadi atau keluarga. Dalam hal ini Allah berfirman dalam Q. S. At-Tahrim ayat 6 yang artinya :
"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka......." (Q.S At-Tahrim : 6)
2. Lingkungan Sekolah (formal)
Lingkungan sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang juga disebut sebagai lembaga pendidikan kedua sesudah keluarga yang berperan dalam mendidik anak/peserta didik. Bagi setiap muslim, mereka berusaha untuk memasukkan anak-anaknya ke sekolah-sekolah yang diberikan pendidikan agama. Dalam hal ini, mereka sebagai orang tua berharap agar anak-anaknya kelak memiliki kepribadian yang sesuai dengan ajaran Islam atau dengan kata lain berkepribadian muslim. Berkepribadian muslim disini berati anak mempunyai kepribadian yang seluruh aspeknya, baik tingkah lakunya, jiwanya maupun filsafat hidup dan kepercayaan menunjukkan pengabdiannya kepada Tuhan serta penyerahan diri kepada-Nya.
3. Lingkungan Masyarakat (non formal)
Lingkungan masyarakat merupakan lembaga pendidikan yang ketiga sesudah keluarga dan sekolah. Masyarakat sebagai lembaga pendidikan non formal juga menjadi bagian penting dalam proses pendidikan, akan tetapi tidak mengikuti peraturan yang tetap dan ketat. Masyarakat turut serta memikul tanggung jawab dalam pendidikan. Pengaruh yang ada di lingkungan masyarakat dapat mempengaruhi anak didik terhadap dunia pendidikan. Dengan demikian dalam pendidikan anak pun, umat Islam dituntut untuk memilih lingkungan yang mendukung pendidikan anak dan menghindari masyarakat yang buruk.
Sebab ketika anak atau peserta didik berada di lingkungan masyarakat yang kurang baik, maka perkembangan kepribadian anak tersebut akan bermasalah. Pendidikan yang terjadi dalam lingkungan masyarakat ini bisa dikatakan pendidikan secara tidak langsung, pendidikan yang dilaksanakan dengan tidak sadar oleh masyarakat. Dan anak didik secara sadar atau tidak telah mendidik dirinya sendiri, mencari pengetahuan dan pengalaman sendiri, mempertebal keimanan serta keyakinan dan keagamaan di dalam masyarakat.
Nama : Mutmainnah
HapusNIM : 10256120012
pada pernyataan anda diatas mengatakan bahwa setiap dalam hal pendidikan islam di haruskan memilih lingkungan masyarakat yang baik dan menghindari masyarakat yang buruk. Prinsip pendidikan islam adalah bagaiman kita membentuk perilaku anak dan membekalinya pengetahuan baik yang bersifat duniawi maupun akhirat dan mampu mengamalkannya dalam kehidupannya. setiap ilmu yang didapat kita wajib untuk menyalurkan kepada masyarakat. apakah kita akan mendakwakan ilmu yang kita dapat hanya kepada masyrakat yang baik saja? padahal yang harus di utamakan adalah wilayah yang memiliki masyarakat yang kurang baik. dalam Al-qur'an juga kita diajarkan untuk saling menasehati, mengingatkan dalam hal kebaikan. Bagaiman kita akan saling menasihati dan mengingatkan jika kita harus menghindari masyarakat yang buruk dimana kelomok tersebutlah yang paling utama untuk selalu di bimbing dan dingatkan?
Nama : Dheanda Aulia Fitri
HapusNim : 10256120005
Jawaban untuk saudari Mutmainnah
Ilmu yang kita dapatkan tidak hanya di salurkan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar kita alangkah baiknya Jika kita berdakwah keberbagai wilayah yang kurang akan pemahaman keislamannya dengan saling berbagai ilmu tauhid dan pemahaman-pemahaman keislaman dasar yang sering kali memiliki kesalah pahaman di masyarakat awam.
Nama : Arby Syam
HapusNIM : 10256120003
"...Lingkungan juga dapat berpengaruh terhadap sikap, akhlak, etika, maupun moral peserta didik." apa perbedaan dari ke 4 hal tersebut?
Nama : Dheanda Aulia Fitri
HapusNim : 10256120005
Jawaban untuk saudara Arbi Syam
Istilah akhlak, etika, sikap, dan moral mempunyai persamaan dan perbedaan dalam pemaknaannya.
Akhlak tolok ukurnya adalah Al- Qur’an dan As- Sunnah,
Etika tolok ukurnya adalah pikiran atau akal,
Moral tolok ukurnya adalah norma yang hidup dalam masyarakat.
Sikap adalah pernyataan evaluatif terhadap objek, orang atau peristiwa hal ini mencerminkan perasaan seseorang terhadap sesuatu.
Apakah pendidikan Islam diindonesia saat ini terselenggara dengan baik?dengan mengaitkan tingkah laku anak² jaman now yang anda lihat sendiri pada kehidupan sehari²,melihat tujuan pendidikan Islam itu sendiri adalah untuk membentuk dan menciptakan manusia yang berakhlakul karimah, beriman dan bertakwa kepada Allah.dan berikan contohnya jika sudah terselenggara dengan baik ataupun belum sepenuhnya terlaksana!
HapusNama : Islah Mutaqhirah Syam
BalasHapusNim : 10256120007
Lingkungan pendidikan adalah berbagai faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap praktek pendidikan atau berbagai lingkungan tempat berlangsungnya proses pendidikan, yang merupakan bagian dari lingkungan sosial.
Menurut saya peran lingkungan pendidikan islam agar tercapainya pendidikan islam itu sangat berpengaruh terhadap pendidikan seorang anak. Karena lingkungan sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak nantinya. Jika anak berdapa pada lingkungan yang bagus maka kedepannya anak tersebut akan menjadi pribadi yang lebih baik juga kedepannya, begitupun sebaliknya.
Nama : Mutmainnah
HapusNIM : 10256120012
saya setuju dnegan statemen anda bahwa lingkungan pendidikan yang baik akan memebawa anak menjadi pribadi yang baik, begitu juga sebaliknya. Dalam lingkungan pendidikan terdapat lingkungan sekolah. bagaimana jika si anak memiliki lingkungan yang kurag baik seprti memiliki teman yang tidak baik, apa yang harus dilakukan anak tersebut? di satu sisi anak tersebut tidak ingin erpengaruh dengan temannya, namun di satu sisi dia juga adalah mahluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain terutama teman. Tidak mungkin si anak akan menjauhi teman-temannya, sebab pada kenyataannya setiap orang membutuhkan teman. solusi apa yang terbaik untuk si anak tersebut?
Nama : ADRIANI
HapusNIM : 10256120018
Lingkungan sangat berperan penting dalam pendidikan. Yang ingin saya tanyakan adalah ungkapan tersebut masih bersifat abstrak berarti semua sisi lingkungan bisa? Buruk atau Baik tetap menunjang pendidikan Islam? Bagaimana pendapat anda mengenai hal tersebut?
Baik saya setuju dengan pendapat anda, tetapi bagaimna dengan anak yang berada pada lingkungan yang tidak memberikan aura positif terhadap dirinya, jadi disini peran lingkungan terhadap anak tersebut dalam pendidikan Islam itu tidak terwujud dengan baik, bagaimana solusi anda terhadap peran pendidikan Islam disini agar bisa terlaksana dengan baik dalam lingkungan?
HapusNAMA : ASMAWATI
HapusNIM : 10256120004
TANGGAPAN SAYA
Berdasarkan dari kasus nyata ada beberapa anak yang hidup di lingkungan pesantren namun tidak mencerminkan akhlak seorang santri, pertanyaan saya mengapa hal tersebut dapat terjadi padahal, pada jawaban anda dikatakan bahwa kepribadian anak tergantung dari lingkungan tempat ia hidup, mohon penjelasannya.
Nama : Mutmainnah
BalasHapusNIM : 10256120012
saya setuju dnegan statemen anda bahwa lingkungan pendidikan yang baik akan memebawa anak menjadi pribadi yang baik, begitu juga sebaliknya. Dalam lingkungan pendidikan terdapat lingkungan sekolah. bagaimana jika si anak memiliki lingkungan yang kurag baik seprti memiliki teman yang tidak baik, apa yang harus dilakukan anak tersebut? di satu sisi anak tersebut tidak ingin erpengaruh dengan temannya, namun di satu sisi dia juga adalah mahluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain terutama teman. Tidak mungkin si anak akan menjauhi teman-temannya, sebab pada kenyataannya setiap orang membutuhkan teman. solusi apa yang terbaik untuk si anak tersebut?
NAMA : ACO MUH FAUSY FAHRY
BalasHapusNIM : 10256120001
Menurut saya lingkungan pendidikan sangat berperan penting dalam penyelenggaraan pendidikan Islam, seperti pembentukan sikap, karakter, dan akhlak peserta didik.Lingkungan yang juga dikenal dengan institusi yaitu merupakan tempat terjadinya proses pendidikan, yang secara umum lingkungan tersebut dapat dilihat dari tiga hal, yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Nama : Arby Syam
HapusNIM : 10256120003
Dalam jawaban anda dijelaskan ".... penyelenggaraan pendidikan Islam, seperti pembentukan sikap, karakter,..." pertanyaan saya apa perbedaan sikap dan karakter?
NAMA : ACO MUH FAUSY FAHRY
HapusNIM : 10256120001
Menurut saya Sikap menunjukkan apa yang diinginkan seseorang atau Sifat adalah satu karakteristik spesifik dalam diri seseorang dan ketika dikombinasikan antara yang satu dengan lainnya, membuat seseorang menjadi pribadi yang unik dan membentuk identitas orang tersebut.
Sementara karakter dapat dengan mudah melihat karakter seseorang karena itu ditampilkan secara eksternal. sifat-sifat (dalam diri seseorang yang menjadikannya unik, berdasarkan apa yang ia sudah miliki sejak lahir - genetik) dan apa yang ia pelajari dalam hidupnya/lingkungan (berupa nilai-nilai, dan kepercayaan).
Nama : Arby Syam
BalasHapusNIM : 10256120003
Peran lingkungan pendidikan Islam demi tercapainya pendidikan Islam sudah pasti sangat saling mendukung karena kedua hal ini saling berkesinambungan.
Nama : Dheanda Aulia Fitri
HapusNim : 10256120005
Saya setuju dengan statement yang anda berikan, namun bisakah anda memberikan contoh bagaimana lingkungan pendidikan Islam yang benar?
Nama : Arby Syam
HapusNIM : 10256120003
Contoh lingkungan pendidikan Islam mudah dijumpai di sekolah-sekolah yang mengajarkan Ilmu Pendidikan Islam sebab di Indonesia penduduknya mayoritas beragama Islam dan masjid sebagai tempat berdakwah serta tempat pengajian dan yang paling utama adalah lingkungan keluarga saat kita terlahir dari keluarga yang beragam Islam.
NAMA : ACO MUH FAUSY FAHRY
HapusNIM : 10256120001
Bisakah anda memberikan penjelasan mengenai seperti apa peran lingkungan pendidikan islam tersebut?
Nama : Arby Syam
HapusNIM : 10256120003
Secara spesifik peran lingkungan Islam seperti keluarga yang mengajarkan anaknya tentang melaksanakan shalat dan ganjarannya apabila meninggalkannya atau lingkungan sekolah yang mengajarkan kewajiban-kewajiban umat Islam secara umum
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : Marwa
BalasHapusNim : 10256120011
Lingkungan mempunyai peranan penting dalam keberhasilan pendidikan Islam, karena perkembangan jiwa peserta didik sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan yang ada disekitarnya.
Ada tiga macam lingkungan pendidikan Islam yaitu sebagai berikut :
Lingkungan Keluarga (informal)
Keluarga merupakan masyarakat terkecil dalam kehidupan umat manusia sebagai makhluk sosial, yang juga merupakan unit pertama dalam masyarakat. Pada lingkungan keluarga inilah terbentuknya tahap awal proses sosialisasi dan perkembangan seorang individu. Keluarga adalah lingkungan utama yang membentuk watak dan karakter manusia, dimana manusia melakukan komunikasi dan sosialisasi diri dengan manusia lain selain dirinya. Keluarga dalam Islam adalah suatu sistem kehidupan masyarakat yang terkecil yang dibatasi oleh adanya keturunan (nasab), akibat oleh adanya kesamaan agama. Lembaga pendidikan keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama, karena di dalam keluarga inilah tempat meletakkan dasar-dasar kepribadian anak.
Unsur utama yang menjadi landasan pokok dalam pendidikan lingkungan keluarga yaitu adanya rasa kasih sayang serta terselenggaranya kehidupan beragama yang mewarnai kehidupan pribadi atau keluarga. Baik dan buruknya kepribadian seorang anak akan sangat bergantung pada baik buruknya pelaksanaan pendidikan Islam di keluarga.
Lingkungan Sekolah (formal)
Lingkungan sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang juga disebut sebagai lembaga pendidikan kedua sesudah keluarga yang berperan dalam mendidik anak/peserta didik. Orang tua memerlukan bantuan dalam mendidik anak-anaknya supaya dapat hidup mandiri secara layak di masyarakat, maka sekolah lah lembaga yang tepat untuk mendidik anak-anaknya.
Sekolah memberikan pendidikan dan pengajaran kepada anak-anak mengenai apa yang belum diberikan orang tua pada saat berada di lingkungan keluarga. Oleh karena itu, orang tua sudah sepantasnya menyerahkan tugas dan tanggung jawabnya kepada sekolah.
Lingkungan Masyarakat (non formal)
Lingkungan masyarakat merupakan lembaga pendidikan yang ketiga sesudah keluarga dan sekolah. Masyarakat sebagai lembaga pendidikan non formal juga menjadi bagian penting dalam proses pendidikan, akan tetapi tidak mengikuti peraturan yang tetap dan ketat. Masyarakat turut serta memikul tanggung jawab dalam pendidikan.
Masyarakat yang terdiri dari sekelompok atau beberapa individu yang beragam akan mempengaruhi pendidikan peserta didik yang tinggal disekitarnya. Corak ragam pendidikan yang diterima oleh anak didik ketika berada di lingkungan masyarakat pastinya banyak sekali, yaitu meliputi segala bidang, baik pembentukan kebiasaan, pembentukan pengetahuan, sikap, minat maupun pembentukan kesusilaan dan keagamaan.
NAMA : UMMU ATHIYAH
HapusNIM : 10256120015
Apakah ada faktor negatif dari lingkungan masyarakat yang dapat mengakibatkan gagalnya tujuan pendidikan Islam tercapai?
Nama :Eka safitri
HapusNim :10256120006
Bisa Anda jelaskan maksud dari masyarakat yang tinggal beragam atau berkelompok dapat memicu atau mempengaruhi peserta didik disekitarnya? Sperti apa yah itu bisa berikan contohnya?
tujuan dari pendidikan Islam itu sendiri membentuk dan menciptakan manusia yang berakhlakul karimah, beriman dan bertakwa kepada Allah Swt.Coba berikan contoh pengaruh lingkungan dari ke 3 yang anda sebutkan terhadap pendidikan Islam yang sudah tercapai dan belum tercapai?dan sertakan alasannya faktor apa yang menunjang tercapainya dan faktor apa yang menunjang sehingga dari ke 3 faktor tersebut dalam pendidikan Islam belum tercapai!
HapusNama :Eka safitri
BalasHapusNim :10256120006
Baik mnurut saya ,Lingkungan yang nyaman dan mendukung terselenggaranya suatu pendidikan amat dibutuhkan dan turut berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikan yang diinginkan. Demikian pula dalam sistem pendidikan Islam, lingkungan harus diciptakan sedemikian rupa sesuai dengan karakteristik pendidikan Islam itu sendiri.
Namun dapat dipahami bahwa lingkungan pendidikan Islam adalah suatu lingkungan yang di dalamnya terdapat ciri-ciri ke-Islaman yang memungkinkan terselenggaranya pendidikan Islam dengan baik.tempat terselenggaranya pendidikan, seperti masjid, rumah, sanggar para sastrawan, madrasah, dan universitas. Walaupun begitu, Al-Quran tetap memberikan perhatian terhadap lingkungan sebagai tempat sesuatu. Dikenal dengan istilah al-qaryah, sebagai tempat tinggal mnausia umumnya yang dapat dihubungkan dengan tingkah laku penduduknya, tingkah laku pendidiknya, serta tempat tinggal para nabi. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan juga merupakan faktor penting dalam pendidikan.
Nama : Syahrani
BalasHapusNim : 10256120013
Menurut saya peran lingkungan pendidikan Islam dalam pedidikan Islam adalah karena lingkungan pendidikan Islam merupakan suatu lingkungan atau tempat yang didalamnya terdapat ciri-ciri keislaman yang memungkinkan terselenggaranya pendidikan Islam dengan baik. Lingkungan pendidikan Islam diarahkan untuk meningkatkan keyakinan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman ajaran agama Islam dari peserta didik untuk membentuk kesalehan sosial. Dalam arti kualitas atau kesalehan pribadi itu diharapkan mampu memancarkan luar dalam hubungan keseharian dengan manusia lainnya (masyarakat), baik yang se-agama (sesama muslim) ataupun yang berbangsa dan bernegara.Sehingga lingkungan pendidikan Islam merupakan lingkungan atau tempat yang berguna untuk menunjang suatu kegiatan pendidikan yang didalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan keislaman sehingga terselenggaranya pendidikan Islam dengan baik.
Bagaimana solusi anda agar pendidikan Islam dalam lingkungan tercapai dengan baik? baik dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat!
HapusBaik saya setuju dengan statement saudari Syahrani, tapi bisakah anda menjelaskan ciri-ciri keislaman yang memungkinkan terselenggaranya pendidikan Islam dengan baik yang anda maksud itu seperti apa?
HapusNama:Julisa
HapusNim :10256120021
Saya ingin bertanya mengenai penjelasan anda di atas, nah pertanyaan saya, Mengapa lingkungan memiliki pengaruh terhadap proses pendidikan
NAMA: NUNU FITRIANA
BalasHapusNIM: 10256120008
Menurut saya Lingkungan mempunyai peranan penting dalam keberhasilan pendidikan Islam, karena perkembangan jiwa peserta didik sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan yang ada disekitarnya. Lingkungan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik, baik itu pengaruh yang positif maupun pengaruh negatif.
Saya setuju dengan pendapat saudari Nunu,tetapi bolehkah anda menjelaskan bagaimana maksud tujuan pendidikan Islam yang tercapai dengan baik?apakah semua sisi lingkungan positif atau negatif mendukung tercapainya pendidikan Islam?jelaskan!
HapusBaik terimakasih atas pertanyaan dari saudari Wilda, tujuan ialah suatu yang di harapkan tercapai setelah suatu usaha atau kegiatan selesai. Maka pendidikan, karena merupakan suatu usaha dan kegiatan yang berproses melalui tahap-tahap dan tingkatan-tingkatan, tujuannya bertahap dan bertingkat. Tujuan pendidikan bukanlah suatu benda yang berbentuk tetap dan statis, tetapi ia merupakan suatu keseluruhan dari kepribadian seseorang berkenaan dengan seluruh aspek kehidupannya. Tujuan pendidikan Islam adalah kesempurnaan manusia di dunia dan akhirat. Manusia dapat mencapai kesempurnaan melalui ilmu untuk memberi kebahagiaan di dunia dan sebagai jalan mendekatkan diri kepada Allah. Jika kita berada di lingkungan yang positif otomatis itu akan mendukung tercapainya pendidikan Islam, dan untuk di lingkungan negatif bisa jadi juga pendidikan Islam tercapai jika seseorang ini pandai beradaptasi di lingkungan ini.
HapusNama : Wilda Lestari Amir
BalasHapusNIM : 10256120016
Menurut saya, Lingkungan memiliki peranan penting dalam keberhasilan pendidikan Islam, karena perkembangan jiwa anak sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan disekitarnya. Lingkungan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, baik itu pengaruh positif maupun pengaruh negatif. Lingkungan juga berpengaruh terhadap sikap, akhlak, etika, maupun moral si anak, jika dia berada pada lingkungan yang baik maka ada interaksi si anak untuk melakukan hal tersebut, misalnya anak mempunyai teman yang akhlaknya baik selalu memperlihatkan perlakuan sopan kepada orang yang lebih tua, maka anak tersebut akan terpengaruh dan akan ada interaksi si anak untuk meniru apa yang dilakukan oleh temannya.begitu juga sebaliknya jika berada pada lingkungan yang membawa aura negatif maka anak itu akan tumbuh dengan meniru apa yang dilihatnya.
Saya setuju terhadap statement saudari Wilda, yang ingin saya tanyakan yaitu bagaimana solusi jika ada seorang anak yang berada pada lingkungan yang membawa aura negatif agar tidak terjerumus ke aura negatif tersebut?
HapusNAMA : ACO MUH FAUSY FAHRY
HapusNIM : 10256120001
Saya setuju dengan statement yang anada berikan, tetapi bisakah anda memaparkan siapa saja yang berperan dalam lingkungan tersebut?
Jawaban untuk saudara Aco, jadi disini ada 3 macam lingkungan dalam pendidikan yaitu dalam ruang lingkup keluarga, sekolah, dan masyarakat.nah jadi dari pertanyaan saudara Aco siapa saja yang berperan dalam lingkungan tersebut? Jika dilihat dari lingkungan keluarga anak dan orang tua/ keluarga. Orang tua yang berperan penting dalam pengembangan moral dan etika si anak. Dan jika dalam lingkup sekolah yang berperan disini adalah peserta didik dan guru. guru yang membimbing, mengajarkan ilmu pengetahuan, mengarahkan, menilai, mengevaluasi guna mencapai tujuan pendidikan.dan lingkup masyarakat yg berperan disini adalah masyarakat dan anak/peserta didik. Masyarakat mempunyai peranan penting dalam upaya ikut serta menyelenggarakan pendidikan, membantu pengadaan tenaga dan biaya, sarana dan prasarana dan menyediakan lapangan kerja.
HapusJawaban untuk saudari Nunu,jadi solusi untuk anak yang berada pada lingkungan yg membawa anak tersebut kepada hal hal yang negatif. Jadi, saya ambil contoh usia remaja atau anak SMA, dalam situasi tersebut dia telah mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk untuk dilakukan. Jika anak tersebut bisa mengontrol dirinya maka dia pasti akan menjauhi lingkungan itu untuk menghindari hal² yg tidak diinginkan. solusi saya yah berusaha lah mengontrol diri maka dia tidak akan terpengaruh oleh lingkungan yang buruk. Dia akan menyeleksi pergaulannya, dan itu tergantung lagi dari individu masing-masing karena setiap manusia itu berbeda ada yang gampang goyah dan ada yang berpendirian teguh, Jadi kembali lagi pada individu masing².
HapusNama :Nawilda
HapusNim : 10256120019
berpendapat bahwa Lingkungan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, baik itu pengaruh positif maupun pengaruh negatif.nah, bgmn contoh pengaruh positif dan negatif dalam perkembangan anak?
NAMA : ASMAWATI
BalasHapusNIM : 10256120004
Menurut saya peran lingkungan pendidikan Islam terhadap ketercapaian pendidikan Islam adalah dapat dilihat dari upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pihak-pihak yang berwenang. pada umumnya tingkat keberhasilan dari tercapainya tujuan ini adalah adanya dukungan penuh dari masyarakat dan fasilitas yang memadai, dari segi fasilitas dapat diusahakan dengan mendirikan masjid, madrasah, pesantren dan universitas Islam. kemudian dari segi campur tangan masyarakat, yaitu dapat menyalurkan ataupun membantu pergerakan dalam upaya mewujudkan tercipta nya pendidikan Islam, hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengajarkan anak-anak agar rajin ke masjid untuk sholat ataupun mengajari anak-anak agar dapat membaca Al-Qur'an. upaya ini dapat dilakukan di lingkungan pendidikan non-formal, jika di lingkungan formal, para tenaga pendidik mampu menyalurkan ilmu-ilmu yang dapat meningkatkan rasa keislaman dalam diri peserta didik sehingga terwujud pembentukan Akhlak dan kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama Islam.
NAMA : UMMU ATHIYAH
HapusNIM : 10256120015
Bagaimana jika lingkungannya seperti di Pulau Bali yang mayoritas penduduknya beragama Hindu, bagaimana cara mengoptimalkan keberhasilan pendidikan islam mengingat disana masih ada sedikit umat Islam yang menetap. Apakah akan ada kesulitan yang dialami oleh umat islam di Pulau Bali?
Nama :Nawilda
BalasHapusNim. :10256120019
Menurut saya peran lingkungan pendidikan Islam dalam ketercapaian Pendidikan Islam itu sendiri sangat berpengaruh, karena lingkungan Pendidikan Islam merupakan lingkungan atau tempat yang berguna untuk menunjang suatu kegiatan pendidikan yang didalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan keislaman sehingga terselenggaranya pendidikan Islam dengan baik dan tercapainya tujuan Pendidikan Islam. Lingkungan pendidikan Islam terdiri dari 3 macam yaitu, keluarga, sekolah, dan Masyarakat. Tanpa adanya dukungan dan partisipasi yang baik dari orang-orang disekitar/lingkungan maka tujuan Pendidikan islam ini akan sulit untuk dicapai, mengapa karena manusia memiliki sifat meniru dari apa yang dilihatnya, ini biasanya terjadi pada anak-anak. Mereka akan meniru apa yang dilakukan orang tuanya, jika orangtuanya tidak mencerminkan perilaku yang baik maka kemungkingan besar anaknya pun akan melakukan hal yang sama. Disinilah peran lingkungan sangat penting. Sampai dewasa pun sifat meniru ini akan selalu ada yaitu mengikuti trend yang terjadi di masyarakat. Oleh karena itu, sangat diperlukan kebijakan dalam memilih lingkungan pendidikan, baik itu teman dan masyarakat di sekitar kita.
Nama:Julisa
BalasHapusNim :10256120021
Menurut saya Lingkungan pendidikan adalah suatu institusi atau kelembagaan di mana pendidikan itu berlangsung. Lingkungan tersebut akan mempengaruhi proses pendidikan yang berlangsung. Dalam berbagai kajian pendidikan, tidak banyak yang mengemukakan pengertian lingkungan pendidikan Islam. Namun dapat dipahami bahwa lingkungan pendidikan Islam adalah suatu lingkungan yang di dalamnya terdapat ciri-ciri ke-Islaman yang memungkinkan terselenggaranya pendidikan Islam dengan baik.
Benar, bahwa lingkungan pendidikan Islam tidak dijelaskan secara langsung dalam Al-Quran, kecuali lingkungan pendidikan yang terdapat dalam praktek sejarah yang digunakan sebagai tempat terselenggaranya pendidikan, seperti masjid, rumah, sanggar para sastrawan, madrasah, dan universitas. Walaupun begitu, Al-Quran tetap memberikan perhatian terhadap lingkungan sebagai tempat sesuatu. Dikenal dengan istilah al-qaryah, sebagai tempat tinggal mnausia umumnya yang dapat dihubungkan dengan tingkah laku penduduknya, tingkah laku pendidiknya, serta tempat tinggal para nabi. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan juga merupakan faktor penting dalam pendidikan.
Nama :Nawilda
HapusNim :10256120019
dari penjelasan saudari menjelaskan tentang al-qaryah. nah apakah saudari bisa menjelaskan dengan detail apa itu al-qaryh
Nama : Rahmawati
BalasHapusNim : 10256120014
Menurut saya peran lingkungan pendidikan Islam dalam ketercapaian Pendidikan Islam itu sendiri sangat berpengaruh, karena lingkungan Pendidikan Islam merupakan lingkungan atau tempat yang berguna untuk menunjang suatu kegiatan pendidikan yang didalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan keislaman sehingga terselenggaranya pendidikan Islam dengan baik dan tercapainya tujuan Pendidikan Islam. Lingkungan pendidikan Islam terdiri dari 3 macam yaitu, keluarga, sekolah, dan Masyarakat. Tanpa adanya dukungan dan partisipasi yang baik dari orang-orang disekitar/lingkungan maka tujuan Pendidikan islam ini akan sulit untuk dicapai, mengapa karena manusia memiliki sifat meniru dari apa yang dilihatnya, ini biasanya terjadi pada anak-anak. Mereka akan meniru apa yang dilakukan orang tuanya, jika orangtuanya tidak mencerminkan perilaku yang baik maka kemungkingan besar anaknya pun akan melakukan hal yang sama. Disinilah peran lingkungan sangat penting.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusNama :Nawilda
HapusNim :10256120019
dari prnjelasan saudari ada yang membahas tentang nilai-nilai pendidikan keislaman. bagaimana contoh nilai-nilai pendidikan keislaman itu?
Nama:Annisafa
BalasHapusNim:10256120010
Menurut saya lingkungan pendidikan Islam adalah suatu lingkungan yang di dalamnya terdapat ciri-ciri ke-Islaman yang memungkinkan terselenggaranya pendidikan Islam dengan baik.