HALAMAN INI MERUPAKAN FORUM UNTUK MENDISKUSIKAN MATERI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM BERDASARKAN VIDEO PEMBELAJARAN YANG TELAH DISAJIKAN DAN MATERI BACAAN YANG TERSEDIA. SILAKAN DISIMAK VIDEONYA SERTA PELAJARI MATERI BACAAN YANG TERSEDIA. SELANJUTNYA JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT INI:
BERIKAN CONTOH BEBERAPA LEMBAGA PENDIDIKAN YANG ADA PADA MASA RASULULLAH. SELANJUTNYA JELASKAN PENDAPAT ANDA TENTANG LEMBAGA TERSEBUT, APAKAH MASIH RELEVAN UNTUK DIADAPTASI/DIADOPSI SAAT INI?
SETIAP MAHASISWA WAJIB MENJAWAB PERTANYAAN TERSEBUT UNTUK SELANJUTNYA DITANGGAPI OLEH MAHASISWA LAINNYA. SETIAP MAHASISWA WAJIB MENANGGAPI JAWABAN YANG DIAJUKAN OLEH MAHASISWA LAINNYA (DIPILIH SECARA ACAK) SEBANYAK 2 KALI. (PERHATIKAN RUBRIK PENILAIAN DISKUSI)
FORMAT POSTINGAN JAWABAN DAN TANGGAPAN ADALAH SEBAGAI BERIKUT:
NAMA:
NIM:
JAWABAN/TANGGAPAN:
NAMA : UMMU ATHIYAH
BalasHapusNIM : 10256120015
Beberapa lembaga pendidikan Islam pada masa Rasulullah SAW. yang saya baca dari beberapa sumber adalah :
1. Dar al-Arqam
Lembaga pendidikan pada masa Nabi SAW itu, pertama, Dar al-Arqam. Rumah al-Arqam bin Abi al-Arqam al-Makhzumi merupakan tempat pertama berkumpulnya para sahabat nabi untuk belajar Islam. Rumah tersebut sebagai lembaga pendidikan Islam pertama dengan pendidik pertama dan utamanya Nabi SAW sendiri.
2. Kuttab
Lembaga pendidikan Kuttab didirikan oleh bangsa Arab sebelum datangnya Islam, bertujuan memberikan pendidikan kepada anak-anak. Namun, lembaga pendidikan ini tidak mendapat perhatian dari masyarakat Arab, terbukti muridnya pada saat itu hanya 17 orang. Di Kuttab, pada awalnya pendidikan lebih difokuskan pada materi baca-tulis sastra, syair arab, dan pembelajaran berhitung. Setelah Islam datang materinya ditambah dengan materi baca-tulis Alquran dan memahami hukum-hukum Islam.
3. Masjid
Masjid Quba menjadi masjid pertama yang dijadikan sebagai lembaga pendidikan Islam oleh Nabi SAW. Masjid, selain berfungsi sebagai tempat ibadah, juga sebagai tempat penyebaran dakwah dan ilmu Islam, menyelesaikan masalah individu dan masyarakat, untuk menerima duta-duta asing, pertemuan pemimpin-pemimpin Islam, tempat bersidang, dan madrasah bagi orang-orang yang ingin menuntut ilmu khususnya tentang ajaran Islam.
4. Suffah
Suffah merupakan ruang atau bangunan yang bersambung dengan masjid. Suffah dapat dilihat sebagai sebuah sekolah karena kegiatan pengajaran dan pembelajaran dilakukan secara teratur dan sistematik. Lembaga ini juga menjadi semacam asrama bagi para sahabat nabi yang tidak atau belum mempunyai tempat tinggal permanen.
Pendapat saya mengenai lembaga pendidikan tersebut, yang pertama Dar al-Arqam dapat kita artikan sebagai rumah, menurut saya lembaga ini masih sangat relevan sampai saat ini karena rumah adalah wadah/tempat kita menambah ilmu baik itu ilmu dari orang tua ataupun ilmu dari kegiatan yang kita lakukan dirumah seperti belajar bersama/dll dan juga terkadang ada keadaan yang mengharuskan kita belajar dari rumah seperti saat covid-19 merajalela kita menerapkan work from home. Yang kedua adalah kuttab dimana kita ketahui bahwa Kuttab adalah lembaga pendidikan yang berawal dari rumah-rumah seorang guru, lalu beralih kepekarangan mesjid dan mendirikan bangunan tersendiri. Menurut saya lembaga ini mulai sukar diminati di masa sekarang karena, zaman sekarang manusia sudah serba praktis dan sudah dibekali teknologi yang canggih dimana peserta didik bisa berguru melalui aplikasi berbayar yang bisa di akses kapan saja tanpa harus berkumpul dirumah guru/pendidik. Tetapi mungkin lembaga ini masih digunakan dibeberapa tempat tertentu. Yang ketiga adalah, masjid. Sampai saat ini masjid sangat relevan digunakan sebagai lembaga pendidikan Islam, karena selain berfungsi sebagai tempat ibadah, juga sebagai tempat penyebaran dakwah dan ilmu Islam. Dan yang keempat adalah suffah yaitu sekolah/asrama yang sampai saat ini juga masih sangat relevan untuk digunakan sebagai lembaga pendidikan islam karena seiring berjalannya waktu semakin banyak asrama/sekolah khusus keislaman yang dibangun di kota-kota besar untuk menghasilkan insan berakhlakul karimah dan berkualitas sesuai syariat Islam.
Baik saya setuju dengan statement anda, akan tetapi bisakah anda menjelaskan seperti apa sistem pendidikan yang dilakukan dalam menyampaikan materi pada lembaga pendidikan diatas?
HapusNAMA : ACO MUH FAUSY FAHRY
HapusNIM : 10256120001
(Pertanyaannya diatas☝️🙏)
Nama : ADRIANI
HapusNIM : 10256120018
Mengapa objek utama dari lembaga Kuttab itu adalah lebih kepada pendidikan dasar yaitu anak-anak apa landasan dan latar belakangnya?
Baiklah saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari saudara Aco mengenai sistem pendidikan yang digunakan. Sebelumnya saya akan mencantumkan pengertian dari Sistem Pendidikan Islam yaitu keseluruhan dari bagian-bagian yang saling bekerja sama atau unsur-unsur yang disusun secara teratur dan saling berkaitan ( yang dimaksud adalah pendidik dan peserta didik ), dalam rangka membentuk manusia yang berkepribadian muslim berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam yang berdasarkan kepada Al-Qur'an dan al-Sunnah. Indonesia merupakan negara hukum, dimana kita harus mengikuti aturan dari pusat, Indonesia saat ini menerapkan sistem pendidikan nasional. Salah satu program pendidikan yang terkini di dalam negeri adalah “Wajib Belajar 12 Tahun”, yakni 6 tahun Sekolah Dasar (SD/MI), 3 tahun Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTS), dan Sekolah Menengah Atas (SMA/MAN). Mengenai lembaga pendidikan non formal seperti rumah/kuttab menurut saya tidak diperlukan sistem pendidikan yang formal/baku karena kita bisa menggunakan lembaga ini sesuai dengan kebutuhan kita tanpa ada aturan dari pusat. Berbeda dengan sekolah/asrama yang memiliki aturan yang ketat karena merupakan lembaga pendidikan yang formal.
HapusBaiklah saya akan menjawab pertanyaan dari Saudari Adriani, Mengapa pada lembaga pendidikan Kuttab yang diajarkan adalah Pendidikan Dasar, karena bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, dan keterampilan. Pendidikan Dasar akan menjadi pondasi yang kokoh dan berguna ketika anak akan menempuh pendidikan ditingkat yang lebih tinggi. Maka sangat penting peran seorang pendidik dalam hal ini. Pendidikan dasar inilah yang selanjutnya dikembangkan untuk meningkatkan kualitas diri anak didik.
HapusNama : ADRIANI
BalasHapusNIM : 10256120018
Lembaga pendidikan Islam yaitu Darul Arqam, kuttab, suffah, dan masjid. Dari ke empat lembaga pendidikan diatas ini secara garis besar masih bisa kita adopsi atau lakukan yang tentunya digolongkan kedalam pendidikan non formal. Seperti darul Arqam bisa kita lakukan dirumah mengajar anak anak kita mengenai tentang Islam. Kemudian kuttab, suffah dan masjid kita juga bisa tiru dengan mengajarkan anak anak atau siapapun membaca dan menulis Alquran dan tentang Islam yang bisa dilakukan dimasjid atau tempat khusus yang terpadu dengan Masjid (suffah)
Nama : Arby Syam
HapusNIM : 10256120003
Apa yang menjadi perbedaan secara garis besar antara kuttab, suffah dan masjid.
Nama : ADRIANI
HapusNIM : 10256120018
Secara garis yang sebesar besarnya adalah dimulai dari objek yang dimana Kuttab itu lebih kepada pengajaran untuk anak anak, sedangkan sufah dan masjid itu objeknya tidak hanya diperuntukkan untuk semua kalangan. Kemudian dari segi tempat juga yang berbeda Suffah dan masjid itu jelas berada dalam satu bangunan sedangkan kuttab awalnya berada dirumah rumah guru kemudian mendirikan satu bangunan.
Dari ke empat lembaga yg saudari sebutkan, mana lembaga pendidikan Islam yang paling relevan untuk dilakukan pada masa sekarang?serta berikan contohnya.
HapusNama : ADRIANI
HapusNIM : 1P256120018
Menurut kami semua lembaga tersebut baik dari segi metode, tempat, objek sasaran semuanya bisa untuk diadopsi di masa sekarang ini yah meskipun tidak persis sama namun setidaknya menyerupai atau menyamai. contoh TPA, LIQA (belajar dimasjid), menjadi suka relawan yang pembelajaran terbuka bagi siapapun di rumah atau dimanapun.
nama: Mutmainnah
HapusNIM :10256120012
pernytaan anda diatas menyebutkan konsep pendidikan ke empat lembaga pendidikan tersebut masih sangat relevan saat ini. kita ketahui bahwa konsep pendidikan Dal Al-Arqam adalah da'wah islam secara sembunyi-sembunyi, lalu bagaimana tanggapan anda mengenail hal tersebut? masihkah relevan diadopsi pada pendidikan di indonesia ini?
Nama : ADRIANI
HapusNIM : 10256120018
Jadi begini jadi tidak serta merta kita mengadopsi sesuatu itu secara tekstualnya saja tetapi juga secara kontekstual. Ketika kita mengadopsi darul Arqam secara tekstual maka kita kita berfikiran sangat sempit. Sehingga yang harus kita adopsi adalah dari kontekstual yang dimana pada saat itu yang diberikan pengajaran oleh Rasulullah Saw di darul Arqam adalah keluarga yang terdekat yaitu sahabat dan keluarga. Nah kita bisa mengadopsi tersebut secara kontekstual yaitu kita mulai mengajari keluarga kita yang terdekat sahabat sahabat kita dan kerabat kerabat. Bukan secara tekstual mengadopsi tapi secara kontekstual.
Nama : Arby Syam
BalasHapusNIM : 10256120003
1. Lembaga pendidikan pada masa Nabi SAW itu, pertama, Dar al-Arqam. Rumah al-Arqam bin Abi al-Arqam al-Makhzumi merupakan tempat pertama berkumpulnya para sahabat nabi untuk belajar Islam.
2. Kedua, Kuttab. Lembaga pendidikan Kuttab didirikan oleh bangsa Arab sebelum datangnya Islam, bertujuan memberikan pendidikan kepada anak-anak. Namun, lembaga pendidikan ini tidak mendapat perhatian dari masyarakat Arab, terbukti muridnya pada saat itu hanya 17 orang. Nabi SAW pernah memerintahkan para tawanan perang Badar yang mampu baca tulis untuk mengajar 10 anak-anak sebagai syarat membebaskan diri dari tawanan.
3. Ketiga, Masjid. Secara harfiah, masjid adalah tempat untuk bersujud. Dalam arti terminologi, masjid diartikan sebagai tempat khusus untuk melakukan aktivitas ibadah dalam arti luas. Masjid Quba menjadi masjid pertama yang dijadikan sebagai lembaga pendidikan Islam oleh Nabi SAW.
4. Keempat, Suffah. Suffah merupakan ruang atau bangunan yang bersambung dengan masjid. Suffah dapat dilihat sebagai sebuah sekolah karena kegiatan pengajaran dan pembelajaran dilakukan secara teratur dan sistematik.
Dari 4 lembaga diatas hanya poin 2, 3 dan 4 sebab pada poin tersebut masih memungkinkan untuk dilaksanakan pada masa ini dan tiap poin tersebut memiliki target pendidikan yang baik seperti poin ke 2 pendidikan pada anak-anak, poin ke 3 pendidikan dilaksanakan ditempat ibadah sebagai tempat mulia yang tidak hanya ditempati untuk beribadah dan poin 4 pendidikan yang dilaksanakan secara teratur dan sistematik.
NAMA : ACO MUH FAUSY FAHRY
HapusNIM : 10256120001
Coba jelaskan alasan anda mengapa poin pertama kurang relevan dilakukan pada saat ini?
NAMA : UMMU ATHIYAH
HapusNIM : 10256120015
Mengenai statement anda, saya ingin bertanya bagaimana jika dunia dihadapkan dengan kondisi yang mendesak seperti covid-19 baru-baru ini yang mangharuskan kita berkegiatan dari rumah, apakah menurut anda itu tidak efektif dan efisien ? jika iya, maka berikan solusi jika di masa yang akan datang kita dihadapkan kembali dengan kondisi mendesak seperti itu. Menurut anda lembaga apa yang sesuai untuk digunakan pada saat itu. Terima kasih
Nama : Arby Syam
HapusNIM : 10256120003
Dilaksanakan pembelajaran di rumah karena keadaan yang terpaksa dan bukan karena kehendak sendiri dan kita ketahui bahwa pelaksanaan sekolah di rumah pun tidaklah efektif. Apabila hal ini terjadi kembali solusi yang dilakukan tetap belajar di rumah tapi tidak bisa dipungkiri semua itu dilaksanakan karena keterpaksaan oleh keadaan.
NAMA : ACO MUH FAUSY FAHRY
BalasHapusNIM : 10256120001
Coba jelaskan menurut anda mengapa poin pertama kurang relevan dilakukan pada saat ini?
Nama : Arby Syam
HapusNIM : 10256120003
Poin pertama kurang relevan sebab dunia pendidikan saat ini perlu keselarasan ilmu ditiap individual, oleh karenanya maka dibutuhkan pendidikan yang difokuskan disatu tempat bahkan home school sendiri tetap menggunakan tenaga pendidik dari sekolah ternama dan pendidikannya tetap merujuk pada pendidikan di sekolah.
Nama : ACO MUH FAUSY FAHRY
BalasHapusNim : 10256120001
Lembaga pendidikan pada masa Nabi SAW yaitu :
1. Dar al-Arqam.
Rumah al-Arqam bin Abi al-Arqam al-Makhzumi merupakan tempat pertama berkumpulnya para sahabat nabi untuk belajar Islam.
2. Kuttab.
Lembaga pendidikan Kuttab didirikan oleh bangsa Arab sebelum datangnya Islam, bertujuan memberikan pendidikan kepada anak-anak.
3. Masjid
Masjid, selain berfungsi sebagai tempat ibadah, juga sebagai tempat penyebaran dakwah dan ilmu Islam, menyelesaikan masalah individu dan masyarakat, untuk menerima duta-duta asing, pertemuan pemimpin-pemimpin Islam, tempat bersidang, dan madrasah bagi orang-orang yang ingin menuntut ilmu khususnya tentang ajaran Islam.
4. Suffah
Suffah merupakan ruang atau bangunan yang bersambung dengan masjid. Suffah dapat dilihat sebagai sebuah sekolah karena kegiatan pengajaran dan pembelajaran dilakukan secara teratur dan sistematik.
Menurut saya semua itu masih sangat relevan dilakukan saat ini karena yang pertama itu Rumah al- Aqram yaitu kita bisa memperoleh ilmu meskipun dirumah, entah itu dari orang tua, lingkungan sekitar dan bahkan mencari di internet apalagi sekarang semua serba teknologi, kedua Kuttab yaitu pendidikan untuk anak,ketiga masjid sampai sekarang masih banyak ustadz atau kiai yang datang untuk mendakwah dan ceramah di masjid, dan yang terakhir suffah pembelajaran yang dilakukan secara teratur dan sistematik, ini dilakukan agar pembelajaran bisa efisien dan dilakukan dengan mudah maksudnya, semua langkah pembelajaran sudah disusun dalam suatu susunan.
NAMA : UMMU ATHIYAH
HapusNIM : 10256120015
Menurut saudara Aco, manakah lembaga pendidikan islam yang lebih efektif dan efisien diterapkan kepada peserta didik saat ini ? berikan alasannya.
Nama : Dheanda Aulia Fitri
HapusNIM : 10256120005
Menurut saudara Aco pembelajaran suffah dilakukan secara teratur dan sistematik, nah pertanyaan saya apa saja materi-materi yang di ajarkan pada lembaga suffah sehingga membutuhkan sistematika pendidikan?
NAMA : ACO MUH FAUSY FAHRY
HapusNIM : 10256120001
(jawaban untuk pertanyaan sodari ummu)
Menurut saya hampir semua lembaga pendidikan diatas efisien, terutama kuttab dan suffah. Kuttab didirikan untuk memberikan pendidikan kepada anak,mungkin contoh yang sekarang adalah paud/TK, yang pastinya sangat berguna untuk membentuk karakter anak dan membantu menemukan bakat mereka, sebelum masuk ke jenjeng yang lebih tinggi, anak- anak diajarkan untuk mengenal angka,huruf dan warna, serta benda- benda yang ada disekitar mereka. Suffah adalah bangunan yang bersambung dengan masjid atau sekolah yang mempunyai kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara teratur, seperti sekarang ini semua lembaga pendidikan harus menerapkan kegiatan pembelajaran yang teratur dan sistematik, agar pembelajaran dapat berlangsung secara terstuktur dan efisien
NAMA : ACO MUH FAUSY FAHRY
HapusNIM : 10256120001
( jawaban untuk pertanyaan sodari dheanda )
Baik materi yang diajarkan saya tidak tau pasti ya, akan tetapi materi yang diajarkan pasti tidak jauh dari ajaran Al-Qur'an dan Sunnah Hadis, bahkan materi umum yang sampai sekarang masih di ajarkan seperti matematika, biologi,dll. Tentunya semua itu membutuhkan sistematika pendidikan agar dapat berlangsung dengan teratur dan terencana, sama seperti pendidikan saat ini, semua dilakukan dengan sistematis dan teratur agar materi yang diajarkan dapat diberikan dengan baik dan bertahap. mungkin cuman itu yang saya bisa jawab, terimakasih.
Nama : Islah Mutaqhirah Syam
BalasHapusNim : 10256120007
Lembaga pendidikan pada masa Nabi SAW itu;
pertama, Dar al-Arqam. Rumah al-Arqam bin Abi al-Arqam al-Makhzumi merupakan tempat pertama berkumpulnya para sahabat nabi untuk belajar Islam. Rumah tersebut sebagai lembaga pendidikan Islam pertama dengan pendidik pertama dan utamanya Nabi SAW sendiri. Beliau mengajarkan wahyu yang diterimanya kepada para sahabatnya.
Menurut saya lembaga pendidikan al-Arqam atau rumah ini sangat relevan sampai sekarang. Dimana pada masa ini sistem pembelajaran kita melalui online dikarenakan wabah covid 19 yg melonjak terus.
Kedua, Kuttab. Lembaga pendidikan Kuttab didirikan oleh bangsa Arab sebelum datangnya Islam, bertujuan memberikan pendidikan kepada anak-anak. Tempat pendidikan Kuttab berawal dari rumah-rumah seorang guru, lalu beralih ke pekarangan mesjid dan mendirikan bangunan tersendiri.
Menurut saya lembaga ini kurang relevan karena ada beberapa rumah peserta didik dan pengajar yang sangat berjauhan dan berdekatan. Sehingga bagi peserta didik yang rumahnya jauh dia akan kesusahan untuk mengikuti proses belajar bersama temannya yg lain, kecuali bagi mereka yang mempunyai kendaraan.
Ketiga, Masjid. Secara harfiah, masjid adalah tempat untuk bersujud. Dalam arti terminologi, masjid diartikan sebagai tempat khusus untuk melakukan aktivitas ibadah dalam arti luas. Masjid, selain berfungsi sebagai tempat ibadah, juga sebagai tempat penyebaran dakwah dan ilmu Islam, menyelesaikan masalah individu dan masyarakat, untuk menerima duta-duta asing, pertemuan pemimpin-pemimpin Islam, tempat bersidang, dan madrasah bagi orang-orang yang ingin menuntut ilmu khususnya tentang ajaran Islam.
Menurut saya lembaga pendidikan dimasjid masih sangat relevan sampai sekarang. Walaupun tidak digunakan untuk belajar pelajaran seperti ipa, ips, fisika dan lain lain, dimana zaman sekarang masjid dijadikan tempat untuk kajian islami baik dikalangan remaja maupun orang tua.
Dan yang terakhir yaitu, Suffah. Suffah merupakan ruang atau bangunan yang bersambung dengan masjid. Suffah dapat dilihat sebagai sebuah sekolah karena kegiatan pengajaran dan pembelajaran dilakukan secara teratur dan sistematik.
Menurut saya lembaga pendidikan suffah ini masih sangat relevan sampai sekarang. Seiring berjalannya waktu sekolah asrama banyak dibangun dibeberapa daerah.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusPada pernyataan ke 3 yaitu masjid sebagai lembaga pendidikan islam. Nah pertanyaan saya disini adalah bagaimana mengoptimalkan peran dan fungsi masjid yg selain merupakan tempat beribadah juga sebagai lembaga pendidikan Islam?
HapusNama : Dheanda Aulia Fitri
HapusNim : 10256120005
Menurut saudari Islah apakah lembaga pendidikan Kuttab hanya untuk dari rumah ke rumah saja?? Lalu bagaimana dengan lembaga Kuttab yang sudah memiliki bangunan tersendiri yang bisa di asrama kan tetap tidak efisien? Padahal Kuttab menyangkut pendidikan Islam pada anak-anak yang sudah jelas itu sangat baik sekali di terapkan
Nama : ADRIANI
HapusNIM : 10256120018
Apakah awal awal penamaan Suffah ini langsung dijadikan sebagai tempat belajar atau tidak coba jelaskan dan latar belakang penamaan Suffah Kenapa bukan yang lain?
Balasan untuk saudari Wilda Lestsri Amri, cara pengoptimalan menurut saya itu dengan mengadakan kajian atau pengajian di masjid2 yang bisa di ikutki oleh semua kalangan, baik anak2 maupun orang dewa
HapusNama : Islah Mutaqhirah Syam
HapusNim : 10256120007
Balasan untuk saudari Adriani, apakah suffah ini langsung di jadikan tempat proses pembelajaran atau tdk, kalau itu saya kurang tau pasti aoakah suffah langsung dijadikan tempat belajar, karena yang saya perhatikan suffah sekarang itu di jadikan sebagai tempat tinggal untuk penjaga masjid
Nama : Islah Mutaqhirah Syam
HapusNim : 10256120007
Balasan untuk saudari Dheanda, pendidikan kuttab yang dari rumah kerumah itu dilakukan pada jaman Rasulullah SAW beda dengan jaman sekarang dimana kuttan sudah menjadi asrama para santri atau biasa kita sebut dengan pesantren
Nama: Julisa
HapusNim : 10256120021
Pada bagian terakhir bahwa anda mengatakan Suffah dapat dilihat sebagai sebuah sekolah karena kegiatan pengajaran dan pembelajaran dilakukan secara teratur dan sistematik.
Nah pertanyaan saya apakah anda bisa memberikan sebuah contoh mengenai hal tersebut?
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusNama : Dheanda Aulia Fitri
BalasHapusNIM : 10256120005
Pendapat saya tentang lembaga pendidikan Islam pada Zaman Rasulullah Saw:
1. Peran Nabi Muhammad SAW sebagai pengajar full time, yang setia menemani para sahabat untuk belajar dan mempraktikkan ajaran Islam di Dar Al-Arqam atau rumah Al-Arqam. Hal ini nyatanya sangat serupa dengan pesantren pada masa sekarang, di mana peran pengajar tidak hanya mendidik dalam beberapa waktu yang terbatas, melainkan membimbing dan merangkul para santri agar dapat menghayati ajaran Islam dalam keseharian.Tempat yang juga dikenal sebagai Dar al-Islam (Rumah Islam) inilah yang selanjutnya diadopsi oleh lembaga pendidikan di masa sekarang.
2. Kuttab ditemukan sudah ada sejak masa awal perkembangan Islam. Eksistensi itu berusaha dihadirkan kembali oleh Kuttab Al Fatih (KAF) di Depok, Jawa Barat pada 2012.KAF lalu berkembang ke sejumlah kota di Indonesia. Data terakhir menunjukkan KAF memiliki 25 cabang. Di tanah air, jumlah itu belum termasuk selain KAF.Umumnya, secara legal formal, Kuttab menjadi unit Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang izinnya berada di bawah Kemendikbud.Lembaga pendidikan kuttab saat ini dimaknai sebagai lembaga pendidikan nonformal setingkat pendidikan dasar.Keberadaan pendidikan alternatif ini seolah menjadi jawaban atas ketidakpuasan orang tua terhadap kebutuhan pendidikan agama Islam dalam sistem pendidikan Indonesia.
3. Masjid merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki peran sangat sentral dalam sejarah pendidikan Islam. Karena masjid dirikan pertama kali bertujuan tidak hanya sebagai tempat ibadah saja melainkan juga sebagai tempat terjadinya proses belajar mengajar atau menimba ilmu pengetahuan, diskusi, dan lain sebagainya. Namun untuk zaman sekarang tidak terlalu bisa di realisasikan karena meningkatnya ancaman virus Covid 19 yang ada di Indonesia.
4. kedudukan Al-Ṣuffah sebagai embrio keberadaan lembaga pendidikan Islam layak untuk dicermati, karena Metodenya adalah dakwah dan uswatun hasanah dengan kurikulum kelanjutan penanaman tauhid yang telah diawali pada fase Mekkah.Semua itu, dengan sarana dan prasarana yang masih sangat sederhana tetapi terbukti secara jelas menjadi embrio keberadaan lembaga pendidikan Islam masa kini.
Untuk saudari Dhea, yg ingin saya tanyakan Disini apakah menurut anda kuttab pada masa sekarang masih relevan digunakan untuk para peserta didik?jika iya berikan alasannya jika tidak berikan pula alasannya.
HapusNAMA : ACO MUH FAUSY FAHRY
HapusNIM : 10256120001
Bisakah anda menjelaskan tentang perbedaan antara suffah dengan lembaga pendidikan yang lain, apakah suffah mempunyai kedudukan atau tingkat pendidikan dari lembaga yang lain? dan apakah lembaga yang lain selain suffah tidak dilakukan secara teratur dan sistematik?
Nama : Dheanda Aulia Fitri
HapusNIM : 10256120005
Jawaban untuk saudari Wilda Lestari Amir
Meski belum ada data resmi dari Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang keberadaan kuttab di Indonesia, eksistensi sistem pendidikan ini justru cukup digandrungi banyak masyarakat. perizinan serta regulasi yang mengatur untuk kuttab-kuttab ini secara baku belum tersusun rapi oleh pemerintah.
Oleh karena itu, pengurusan izin bagi kuttab menjadi agak sulit. Padahal, sepanjang pengamatannya, kuttab menawarkan sejumlah keunggulan sebagai sistem pendidikan alternatif baru, terutama di bidang pendidikan agama Islam (PAI), Alquran, dan al-Iman.
NAMA : Wilda Lestari Amir
BalasHapusNIM : 10256120016
Adapun lembaga pendidikan Islam pada masa Rasulullah Saw yaitu :
1. Lembaga pendidikan pada masa Nabi SAW yang pertama, Dar al-Arqam. Rumah al-Arqam bin Abi al-Arqam al-Makhzumi merupakan tempat pertama berkumpulnya para sahabat nabi untuk belajar Islam. Rumah tersebut sebagai lembaga pendidikan Islam pertama dengan pendidik pertama dan utamanya Nabi SAW sendiri.
✓menurut saya lembaga ini masih sangat relevan sampai saat ini karena rumah adalah tempat kita menambah ilmu baik itu pendidikan dari orang tua ataupun bisa juga tempat belajar kelompok, dan kondisi pada saat ini juga mengharuskan kita belajar daring karena wabah virus covid-19 yang merajalela.
2.Lembaga pendidikan Kuttab didirikan oleh bangsa Arab sebelum datangnya Islam, bertujuan memberikan pendidikan kepada anak-anak. Namun, lembaga pendidikan ini tidak mendapat perhatian dari masyarakat Arab, terbukti muridnya pada saat itu hanya 17 orang. Di Kuttab, pada awalnya pendidikan lebih difokuskan pada materi baca-tulis sastra, syair arab, dan pembelajaran berhitung. Setelah Islam datang materinya ditambah dengan materi baca-tulis Alquran dan memahami hukum-hukum Islam.
✓Menurut saya lembaga ini tidak relevan di masa sekarang karena, zaman sekarang peserta didik lebih mudah mengakses materi atau mencari bahan ajar atau sumber yang akan ia pelajari. Selain itu juga sudah kita bisa berguru atau belajar lewat aplikasi online sebagai tambahan pengetahuan tanpa harus berkumpul dirumah. Dan faktor lain mengapa lembaga ini kurang relevan menurut saya karena dilihat lagi dari jangkauan lokasi antara pendidik dan peserta didik yang rumahnya jauh.
3.Masjid adalah tempat untuk bersujud. Dalam arti terminologi, masjid diartikan sebagai tempat khusus untuk melakukan aktivitas ibadah dalam arti luas. Masjid Quba menjadi masjid pertama yang dijadikan sebagai lembaga pendidikan Islam oleh Nabi SAW. Masjid, selain berfungsi sebagai tempat ibadah, juga sebagai tempat penyebaran dakwah dan ilmu Islam, menyelesaikan masalah individu dan masyarakat, untuk menerima duta-duta asing, pertemuan pemimpin-pemimpin Islam, tempat bersidang, dan madrasah bagi orang-orang yang ingin menuntut ilmu khususnya tentang ajaran Islam.
✓menurut saya lembaga ini masih sangat relevan saat ini karena selain berfungsi sebagai tempat ibadah, juga sebagai tempat penyebaran dakwah dan ilmu Islam.
4. Suffah merupakan ruang atau bangunan yang bersambung dengan masjid. Suffah dapat dilihat sebagai sebuah sekolah karena kegiatan pengajaran dan pembelajaran dilakukan secara teratur dan sistematik. Misalnya, Masjid Nabawi yang mempunyai suffah yang digunakan untuk majelis ilmu. Lembaga ini juga menjadi semacam asrama bagi para sahabat nabi yang tidak atau belum mempunyai tempat tinggal permanen. Mereka yang tinggal di suffah ini disebut Ahl al-Suffah.
✓menurut saya lembaga ini masih sangat relevan digunakan sampai saat ini, selain sebagai lembaga pendidikan islam juga dimanfaatkan untuk menciptakan generasi yang berkualitas sesuai syariat Islam dengan membangun sekolah atau asrama diberbagai kota/daerah.
Nama : ADRIANI
HapusNIM : 10256120018
Apa perbedaan dan persamaan yang sangat signifikan antara darul Arqam, kuttab, dan shuffah dan apakah masih ada hingga sekarang kalau pun ada apakah metode yang dilakukan sama dengan metode Rasulullah Saw?
nama: Mutmainnah
HapusNIM : 10256120012
dalam penjelasan andaa kuttab tidak relevan dengan dalam pembelajaran pada zaman sekarang. atas dasar apa anda mengatakan hal tersebut,padahal materi baca tulis arab serta berhitung sangat penting bagi umat muslim. ada banyak sekali remaja zaman sekarang yang tidak mengetahui cara menulis bahasa arab, bahkan ada juga yang sampai buta huruf hujaiyah.
HapusNama:Julisa
Nim :10256120021
Pada poin pertama anda menjelaskan tentang lembaga pendidikan Islam pertama dengan pendidik pertama adalah Nabi Muhammad SAW sendiri.
Nah pertanyaan saya, bagaimana pola pendidikan pada masa Rasulullah dan apasaja yang merupakan lembaga pendidikan pada masa Islam?....
NAMA : NURALIM
BalasHapusNIM : 10256120023
Lembaga pendidikan pada masa Nabi yaitu Rumah al-Arqam bin Abi al-Arqam al-Makhzumi merupakan tempat pertama berkumpulnya para sahabat nabi untuk belajar Islam. Rumah tersebut sebagai lembaga pendidikan Islam pertama dengan pendidik pertama dan utamanya Nabi SAW sendiri. Nabi membimbing sahabatnya untuk menghafal, menghayati dan mengamalkan ayat suci yang diturunkan.
Kedua, Kuttab adalah Lembaga pendidikan pada masa Nabi Muhammad SAW Kuttab didirikan oleh bangsa Arab sebelum datangnya Islam, bertujuan memberikan pendidikan kepada anak-anak. Namun, lembaga pendidikan ini tidak mendapat perhatian dari masyarakat Arab, terbukti muridnya pada saat itu hanya 17 orang.
Dan Menurut saya Lembaga lembaga pendidikan pada masa Nabi Muhammad SAW, masih relevan untuk di adopsi atau di terapkan pada masa sekarang ini, karena walaupun di zaman sekarang sudah ada lembaga pendidikan formal, lembaga pendidikan rumah al-Aqram akan sangat bermanfaat untuk menanamkan moral pada anak zaman sekarang.
nama: Mutmainnah
HapusNIM : 10126120012
Dalam penjelasan diatas anda mengatakan bahwa lembaga pendidikan pada zaman Nabi yaitu al-aqram dan kuttab, lalu masih adakah lembaga-lembaga lainnya. atau memamng hanya ada 2 saja. dari bebraba artikel yang saya baca masih ada beberapa lembaga lain selain daripada diatas. kemudian pada penjelasan anda bahwa lembaga kuttab tidak menddapat perhatian pada zamannya dan hanya memiliki 17 pengikut saja. Lalu alasan apa yang membuat anda mengatakan bahwa kuttab masih relevan di pakai pada zaman sekarang. pada zaman Nabi saja, banyak yang tidak mau mengikuti kuttab itu berarti kuttab tidak diminati oleh umat muslim.
NAMA : UMMU ATHIYAH
HapusNIM : 10256120015
Setiap lembaga pendidikan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Bisakah anda memaparkan kelebihan dan kekurangan pada 2 lembaga pendidikan pada masa Rasulullah yang anda sebutkan diatas.
Yang anda jelaskan hanya ada 2 lembaga pendidikan, jdi apakah lembaga-lembaga yang dijelaskan oleh teman²yang lain tidak termasuk? Dan lembaga yg mana paling relevan?
HapusNama : Marwa
BalasHapusNim : 10256120011
Lembaga pendidikan pada masa Nabi SAW itu, pertama, Dar al-Arqam. Rumah al-Arqam bin Abi al-Arqam al-Makhzumi merupakan tempat pertama berkumpulnya para sahabat nabi untuk belajar Islam. Rumah tersebut sebagai lembaga pendidikan Islam pertama dengan pendidik pertama dan utamanya Nabi SAW sendiri. Beliau mengajarkan wahyu yang diterimanya kepada para sahabatnya.
Kedua, Kuttab. Lembaga pendidikan Kuttab didirikan oleh bangsa Arab sebelum datangnya Islam, bertujuan memberikan pendidikan kepada anak-anak. Namun, lembaga pendidikan ini tidak mendapat perhatian dari masyarakat Arab, terbukti muridnya pada saat itu hanya 17 orang. Nabi SAW pernah memerintahkan para tawanan perang Badar yang mampu baca tulis untuk mengajar 10 anak-anak sebagai syarat membebaskan diri dari tawanan.
Ketiga, Masjid. Secara harfiah, masjid adalah tempat untuk bersujud. Dalam arti terminologi, masjid diartikan sebagai tempat khusus untuk melakukan aktivitas ibadah dalam arti luas. Masjid Quba menjadi masjid pertama yang dijadikan sebagai lembaga pendidikan Islam oleh Nabi SAW.
Keempat, Suffah. Suffah merupakan ruang atau bangunan yang bersambung dengan masjid. Suffah dapat dilihat sebagai sebuah sekolah karena kegiatan pengajaran dan pembelajaran dilakukan secara teratur dan sistematik.
nama: Mutmainnah
HapusNIM : 10256120012
DIatas saudari Marwa hanya menjelaskan tentang lembaga-lembaga pendidikan pada zaman Rasulullah, namun tidak menjelaskan relevan atau tidaknya lembaga tersebut dengan pendidikan saat ini. bagaimana tanggapan anda mengenai lembaga-lembaga tersebut dengan proses pendidikan sat ini di indonesia? melihat fakta di lapangan masih banyak saja para generasi muslim yang seharusnya terdidik dengan baik namun kenyataannya tidak, meski saat ini banyak sekali lembaga pendidikan islam yang dibangun.
nama: Mutmainnah
BalasHapusNIM : 10256120012
lembaga pendidikan pada zaman Rasulullah
1. Dal al-arqam. lembaga ini brtempat di rumah Arqam bin abi Al-Arqam yang terletak di bukit shafa. sistem pendidikan lembaga ini adalah sembunyi-sembunyi, karena pada saat itu umat muslim masih sangat minoritas hanya keluarga dan para sahabat saja. Dengan belajar sembunyi-sembunyi umat muslim pada saat itu dapat belajar islam dengan tenang. untuk muatan materinya perihal al-qur'an yang diajarkan langsung oleh Nabi Muhammad saw.
menurut saya untuk sistem pendidikan Dal al-Arqam yaitu sembunyi-sembunyi sangat tidak relevan untuk diadopsi saat ini, mengapa? karena saat init umat islam sudah sangat banyak dan bahkan menjadi agama mayoritas di indonesia, jadi sudah tidak pantas lagi pembelajaran agama islam dilakukan secara sembunyi-sembunyi. selain itu, UUD dan bahkan pancasila telah mengatur tentang hak beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing.
2. masjid. masjid diartikan sebagai bangunan tempat berkumpulnya orang-orang islam dengan tujuan beribadah dan menuntut ilmu atau belajar. pada zaman Nabi, masjid digunakan sebagai pusat pembelajaran islam, tempat beribadah, tempat berkumpul serta tempat bermusyawarah.
menurut saya masjid sangat relevan dengan proses pendidikan islam di indonesia saat ini. kegiatan-kegiatan ta'lim, pengajian, serta kajian islam umumnya dilaksanakan di masjid. pada kegiatan-kegiatan tersebut berlangsung proes pendidikan. olehnya itu masjid sangat layak untuk di adopsi pada proses pendidikan islam saat ini.
3. kuttab. kuttab adalah tempat anak-anak sebagai tempat bersekolah yang dibangun pada masa pemerintahan Khalifah Abu Bakar. di tempat ini anak anak diajarkan membaca dan menulis dan kemudian pada perkembangan selanjutnya juga menjadi tempat mengajarkan Al-Qur'an kepada anak-anak.
menurut saya, lembaga pendidikan ini relevan dengan pendidikan di indonesia. proses pendidikan harus difokuskan ketika usia anak-anak, karena pada masa itu materi mudah di pelajari dan pendidikan yang diterima anak ketika masih kecil menentukan sikap, sifat serta perilakunya di masa depan. saat ini banyak sekali di bangun lembaga pendidikan untuk anak-anak seprti PAUD, TK serta lembag formal dan non formal lainnya.
4. as-suhffah. tempat ini merupakan ruangan khusus yang berada didalam majid dan digunakan untuk mengajar para sahabat dengan Nabi sebagai pendidik. selain Nabi Muhammad sebagai pendidik, adda juga beberap sahabat yang mengajar yaitu Abdullah bin sa'id bin Al-'Ash yang mengajar membaca dan menulis.
mengenai sistem materi pembelajaran lembaga pendidika ini menurut saya relevan untuk diadopsi di indonesia, karena sebaiknya ilmu pengetahuan yang di cari bukan hanya bersifat spritual tetapi juga pengetahuan. dalam al-qur'an kita tidak hanya dituntut belajar-belajar tentang permasalahan di akhirat saja tetapi juga tentang dunia, agar kedunya dapat seimbang.
Nama :Nawilda
HapusNim :10256120019
saudari mutmainnah telah menjelaskan tentang al kutub. apakah ada kelemahan dari lembaga tersebut?
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : Nawilda
BalasHapusNim : 10256120019
Lembaga pendidikan pada masa Nabi SAW itu,
1. pertama, Dar al-Arqam. Rumah al-Arqam bin Abi al-Arqam al-Makhzumi merupakan tempat pertama berkumpulnya para sahabat nabi untuk belajar Islam. Rumah tersebut sebagai lembaga pendidikan Islam pertama dengan pendidik pertama dan utamanya Nabi SAW sendiri. Beliau mengajarkan wahyu yang diterimanya kepada para sahabatnya.
menurut saya untuk sistem pendidikan Dal al-Arqam yaitu sembunyi-sembunyi sangat tidak relevan untuk diadopsi saat ini, mengapa? karena saat init umat islam sudah sangat banyak dan bahkan menjadi agama mayoritas di indonesia, jadi sudah tidak pantas lagi pembelajaran agama islam dilakukan secara sembunyi-sembunyi.
2. Kuttab. Lembaga pendidikan Kuttab didirikan oleh bangsa Arab sebelum datangnya Islam, bertujuan memberikan pendidikan kepada anak-anak. Namun, lembaga pendidikan ini tidak mendapat perhatian dari masyarakat Arab, terbukti muridnya pada saat itu hanya 17 orang. Nabi SAW pernah memerintahkan para tawanan perang Badar yang mampu baca tulis untuk mengajar 10 anak-anak sebagai syarat membebaskan diri dari tawanan.
menurut saya Tentu pola pendidikan pada masa Rasulullah tersebut masih sangat relevan untuk dipakai di masa sekarang. Mengingat dari pendidikan di masa Rasulullah lahir manusia-manusia terbaik yang namanya harum akan kegemilangan karyanya di sepanjang masa hingga hari ini.
Pendidikan bukanlah ajang uji coba secara terus menerus,dia harus terencana dengan baik. Semua yang terlibat didalamnya harus benar-benar serius dalam mengemban tugas mulia ini. Lalu mengapakah kita tidak mengambil pola pendidikan yang telah terbukti sukses dalam pengajaran Rasulullah SAW.
Nama : Syahrani
BalasHapusNim: 10256120013
Lembaga pendidikan pada masa Nabi SAW yaitu :
1. pertama, Dar al-Arqam. Rumah al-Arqam bin Abi al-Arqam al-Makhzumi merupakan tempat pertama berkumpulnya para sahabat nabi untuk belajar Islam. Rumah tersebut sebagai lembaga pendidikan Islam pertama dengan pendidik pertama dan utamanya Nabi SAW sendiri. Beliau mengajarkan wahyu yang diterimanya kepada para sahabatnya.
menurut saya untuk sistem pendidikan Dar al-Arqam yaitu yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi sangat tidak relevan untuk diterapkan saat ini, karena saat ini sudah sangat banyak umat Islam dan bahkan menjadi agama mayoritas di indonesia, sehingga pembelajaran agama islam dilakukan secara sembunyi-sembunyi yang tidak pantas digunakan pada saat ini.
2. Kuttab. Lembaga pendidikan Kuttab didirikan oleh bangsa Arab sebelum datangnya Islam, bertujuan memberikan pendidikan kepada anak-anak. Namun, lembaga pendidikan ini tidak mendapat perhatian dari masyarakat Arab, terbukti muridnya pada saat itu hanya 17 orang. Nabi SAW pernah memerintahkan para tawanan perang Badar yang mampu baca tulis untuk mengajar 10 anak-anak sebagai syarat membebaskan diri dari tawanan.
menurut saya Tentu pola pendidikan pada masa Rasulullah tersebut masih sangat relevan untuk dipakai di masa sekarang. Mengingat dari pendidikan di masa Rasulullah lahir manusia-manusia terbaik yang namanya akan kegemilangan karyanya di sepanjang masa hingga hari ini, dimana pendidikan bukan ajang uji coba yang akan dilakukan secara terus menerus.
3. Masjid. Secara harfiah, masjid adalah tempat untuk bersujud. Dalam arti terminologi, masjid diartikan sebagai tempat khusus untuk melakukan aktivitas ibadah dalam arti luas. Masjid Quba menjadi masjid pertama yang dijadikan sebagai lembaga pendidikan Islam oleh Nabi SAW. Masjid, selain berfungsi sebagai tempat ibadah, juga sebagai tempat penyebaran dakwah dan ilmu Islam, menyelesaikan masalah individu dan masyarakat, untuk menerima duta-duta asing, pertemuan pemimpin-pemimpin Islam, tempat bersidang, dan madrasah bagi orang-orang yang ingin menuntut ilmu khususnya tentang ajaran Islam.
NAMA : ASMAWATI
HapusNIM : 10256120004
TANGGAPAN SAYA, di zaman sekarang apakah lembaga pendidikan yang dilakukan di masjid masih bisa dijalankan? jika iya jelaskan segala peluangnya dan jika tidak jelaskan mengapa demikian?
NAMA: NUNU FITRIANA
BalasHapusNIM: 10256120008
Lembaga pendidikan pada masa Nabi Muhammad SAW
- Rumah al-Arqam bin Abi al-Arqam al-Makhzumi merupakan tempat pertama berkumpulnya para sahabat nabi untuk belajar Islam. Rumah tersebut sebagai lembaga pendidikan Islam pertama dengan pendidik pertama dan utamanya Nabi SAW sendiri. Beliau mengajarkan wahyu yang diterimanya kepada para sahabatnya. Nabi membimbing sahabatnya untuk menghafal, menghayati dan mengamalkan ayat suci yang diturunkan. Lembaga ini tidak relevan karena pembelajaran dilakukan dengan cara sembunyi-sembunyi
- Kedua, Kuttab. Lembaga pendidikan Kuttab didirikan oleh bangsa Arab sebelum datangnya Islam, bertujuan memberikan pendidikan kepada anak-anak. Di Kuttab, pada awalnya pendidikan lebih difokuskan pada materi baca-tulis sastra, syair arab, dan pembelajaran berhitung. Setelah Islam datang materinya ditambah dengan materi baca-tulis Alquran dan memahami hukum-hukum Islam.
- Ketiga, Masjid. Secara harfiah, masjid adalah tempat untuk bersujud. Dalam arti terminologi, masjid diartikan sebagai tempat khusus untuk melakukan aktivitas ibadah dalam arti luas. Masjid Quba menjadi masjid pertama yang dijadikan sebagai lembaga pendidikan Islam oleh Nabi SAW. Masjid, selain berfungsi sebagai tempat ibadah, juga sebagai tempat penyebaran dakwah dan ilmu Islam, menyelesaikan masalah individu dan masyarakat, untuk menerima duta-duta asing, pertemuan pemimpin-pemimpin Islam, tempat bersidang, dan madrasah bagi orang-orang yang ingin menuntut ilmu khususnya tentang ajaran Islam. Sistem pendidikan yang dilaksanakan di masjid disebut dengan halaqah, di mana para sahabat Nabi SAW duduk mengelilinginya untuk mendengar dan melakukan tanya jawab seputar urusan agama dan kehidupan sehari-hari. Menurut saya lembaga ini masih sangat relevan sampai saat ini karena masjid merupakan rumah bagi ummat Muslim selain berfungsi sebagai tempat ibadah, juga sebagai tempat penyebaran dakwah dan ilmu Islam.
- Keempat, Suffah. Suffah merupakan ruang atau bangunan yang bersambung dengan masjid. Suffah dapat dilihat sebagai sebuah sekolah karena kegiatan pengajaran dan pembelajaran dilakukan secara teratur dan sistematik. Misalnya, Masjid Nabawi yang mempunyai suffah yang digunakan untuk majelis ilmu. Lembaga ini juga menjadi semacam asrama bagi para sahabat nabi yang tidak atau belum mempunyai tempat tinggal permanen. Mereka yang tinggal di suffah ini disebut Ahl al-Suffah. Menurut saya ini masih relevan karena disini juga kita bisa mendapatkan pengajaran dan semuanya sudah tersusun secara sistematik dan sudah banyak yang mendirikan asrama.
NAMA : ASMAWATI
HapusNIM : 10256120004
TANGGAPAN SAYA
Menurut anda diantara keempat ini, manakah yang paling sesuai dengan karakter pendidikan Islam pendidikan di zaman sekarang?
NAMA : ASMAWATI
BalasHapusNIM : 10256120004
JAWABAN SAYA
ada 4 lembaga pendidikan yang berdiri pada masa Rasulullah Saw yang pertama ada Dar Al-Arqam merupakan rumah dari Al-Arqam bin Abi Al-Arqam Al makhuzumi. merupakan tempat pertama nabi Muhammad Saw berperan sebagai pendidik untuk para sahabatnya dengan mengajarkan Wahyu yang diterima olehnya dan membimbing dalam menghapal, menghayati dan mengamalkan Al-Qur'an. kedua ada Kuttab merupakan lembaga pendidikan yang didirikan oleh bangsa Arab. di Kuttab pada mulanya hanya diajarkan materi baca tulis sastra, syair arab dan pembelajaran berhitung namun setelah Islam masuk materi belajar nya di tambah yaitu baca tulis Al-Qur'an dan memahami hukum-hukum islam. ketiga ada Masjid Quba menjadi masjid pertama yang dijadikan sebagai lembaga pendidikan Islam oleh Nabi SAW. Masjid, selain berfungsi sebagai tempat ibadah, juga sebagai tempat penyebaran dakwah dan ilmu Islam, menyelesaikan masalah individu dan masyarakat, untuk menerima duta-duta asing, pertemuan pemimpin-pemimpin Islam, tempat bersidang, dan madrasah bagi orang-orang yang ingin menuntut ilmu khususnya tentang ajaran Islam. Sistem pendidikan yang dilaksanakan di masjid disebut dengan halaqah, di mana para sahabat Nabi SAW duduk mengelilinginya untuk mendengar dan melakukan tanya jawab seputar urusan agama dan kehidupan sehari-hari. yang terakhir ada Suffah merupakan ruang atau bangunan yang bersambung dengan masjid. Suffah dapat dilihat sebagai sebuah sekolah karena kegiatan pengajaran dan pembelajaran dilakukan secara teratur dan sistematik.
menurut saya lembaga pendidikan yang berdiri di masa sekarang ini tidak beda jauh dengan lembaga pendidikan yang ada pada masa Rasulullah, sebagai contoh nya lembaga pendidikan pesantren, dimana proses pembelajaran nya persis dengan lembaga pendidikan
di Kuttab, cuman yang membedakan adalah dari sistem pengajaran nya yang sudah menggunakan kurikulum, kemudian bertambah nya mata pelajaran dengan menggabungkan antara yang umum dan khusus, di pesantren juga menggunakan sistem asrama, dimana para peserta didik nya di wajibkan untuk tinggal dan meninggalkan rumah. artinya penerapan lembaga-lembaga pendidikan pada zaman Rasulullah ke dalam lembaga pendidikan di zaman sekarang, cukup relevan namun di era ini sudah mengalami banyak revolusi sehingga lembaga pendidikan nya perlu penyesuaian terhadap zamannya.
Nama:Julisa
BalasHapusNim :10256120021
Lembaga pendidikan pada masa Nabi SAW itu, pertama, Dar al-Arqam. Rumah al-Arqam bin Abi al-Arqam al-Makhzumi merupakan tempat pertama berkumpulnya para sahabat nabi untuk belajar Islam. Rumah tersebut sebagai lembaga pendidikan Islam pertama dengan pendidik pertama dan utamanya Nabi SAW sendiri. Beliau mengajarkan wahyu yang diterimanya kepada para sahabatnya.
Kedua, Kuttab. Lembaga pendidikan Kuttab didirikan oleh bangsa Arab sebelum datangnya Islam, bertujuan memberikan pendidikan kepada anak-anak. Namun, lembaga pendidikan ini tidak mendapat perhatian dari masyarakat Arab, terbukti muridnya pada saat itu hanya 17 orang. Nabi SAW pernah memerintahkan para tawanan perang Badar yang mampu baca tulis untuk mengajar 10 anak-anak sebagai syarat membebaskan diri dari tawanan.
Ketiga, Masjid. Secara harfiah, masjid adalah tempat untuk bersujud. Dalam arti terminologi, masjid diartikan sebagai tempat khusus untuk melakukan aktivitas ibadah dalam arti luas. Masjid Quba menjadi masjid pertama yang dijadikan sebagai lembaga pendidikan Islam oleh Nabi SAW.
Keempat, Suffah. Suffah merupakan ruang atau bangunan yang bersambung dengan masjid. Suffah dapat dilihat sebagai sebuah sekolah karena kegiatan pengajaran dan pembelajaran dilakukan secara teratur dan sistematik.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusNama :nawilda
HapusNim :10256120019
saudari telah menjelaskan tentang lembaga pendidikan pada masa rasulullah. nah jadi yang ingin saya tanyakan apakah ada sekolah d zaman rasulullah
Nama : Rahmawati
BalasHapusNim : 10256120014
Lembaga pendidikan pada masa Nabi SAW itu, pertama, Dar al-Arqam. Rumah al-Arqam bin Abi al-Arqam al-Makhzumi merupakan tempat pertama berkumpulnya para sahabat nabi untuk belajar Islam. Rumah tersebut sebagai lembaga pendidikan Islam pertama dengan pendidik pertama dan utamanya Nabi SAW sendiri.
Kedua, Kuttab. Lembaga pendidikan Kuttab didirikan oleh bangsa Arab sebelum datangnya Islam, bertujuan memberikan pendidikan kepada anak-anak. Namun, lembaga pendidikan ini tidak mendapat perhatian dari masyarakat Arab, terbukti muridnya pada saat itu hanya 17 orang. Nabi SAW pernah memerintahkan para tawanan perang Badar yang mampu baca tulis untuk mengajar 10 anak-anak sebagai syarat membebaskan diri dari tawanan.
Ketiga, Masjid. Secara harfiah, masjid adalah tempat untuk bersujud. Dalam arti terminologi, masjid diartikan sebagai tempat khusus untuk melakukan aktivitas ibadah dalam arti luas. Masjid Quba menjadi masjid pertama yang dijadikan sebagai lembaga pendidikan Islam oleh Nabi SAW. Masjid, selain berfungsi sebagai tempat ibadah, juga sebagai tempat penyebaran dakwah dan ilmu Islam, menyelesaikan masalah individu dan masyarakat, untuk menerima duta-duta asing, pertemuan pemimpin-pemimpin Islam, tempat bersidang, dan madrasah bagi orang-orang yang ingin menuntut ilmu khususnya tentang ajaran Islam.
Keempat, Suffah. Suffah merupakan ruang atau bangunan yang bersambung dengan masjid. Suffah dapat dilihat sebagai sebuah sekolah karena kegiatan pengajaran dan pembelajaran dilakukan secara teratur dan sistematik. Misalnya, Masjid Nabawi yang mempunyai suffah yang digunakan untuk majelis ilmu. Lembaga ini juga menjadi semacam asrama bagi para sahabat nabi yang tidak atau belum mempunyai tempat tinggal permanen. Mereka yang tinggal di suffah ini disebut Ahl al-Suffah. Semoga Allah membimbing kaum muslimin agar dapat melanjutkan misi yang telah diemban oleh Nabi SAW, salah satunya dakwah melalui pendidikan Amin.
Nama:Annisafa
BalasHapusNim:10256120010
Lembaga pendidikan pada masa Nabi SAW itu, salah satunya adalah Dar al-Arqam. Rumah al-Arqam bin Abi al-Arqam al-Makhzumi merupakan tempat pertama berkumpulnya para sahabat nabi untuk belajar Islam. Rumah tersebut sebagai lembaga pendidikan Islam pertama dengan pendidik pertama dan utamanya Nabi SAW sendiri. Beliau mengajarkan wahyu yang diterimanya kepada para sahabatnya. Nabi membimbing sahabatnya untuk menghafal, menghayati dan mengamalkan ayat suci yang diturunkan.
Menurut saya masih sangat relevan untuk di lakukan ketika sedang agar ketika menghafalkan Al-Quran atau lainnya lebih mudah dalam mempelajarinya.