HALAMAN INI MERUPAKAN FORUM UNTUK MENDISKUSIKAN MATERI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERDASARKAN VIDEO PEMBELAJARAN YANG TELAH DISAJIKAN DAN MATERI BACAAN YANG TERSEDIA. SILAKAN DISIMAK VIDEONYA SERTA PELAJARI MATERI BACAAN YANG TERSEDIA. SELANJUTNYA JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT INI:
JELASKAN APA SAJA FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, DAN JELASKAN BAGAIMANA PERANNYA DALAM PELASKANAAN PENDIDIKAN ISLAM!
SETIAP MAHASISWA WAJIB MENJAWAB PERTANYAAN TERSEBUT UNTUK SELANJUTNYA DITANGGAPI OLEH MAHASISWA LAINNYA. SETIAP MAHASISWA WAJIB MENANGGAPI JAWABAN YANG DIAJUKAN OLEH MAHASISWA LAINNYA (DIPILIH SECARA ACAK) SEBANYAK 2 KALI. (PERHATIKAN RUBRIK PENILAIAN DISKUSI)
FORMAT POSTINGAN JAWABAN DAN TANGGAPAN ADALAH SEBAGAI BERIKUT:
NAMA:
NIM:
JAWABAN/TANGGAPAN:
NAMA : UMMU ATHIYAH
BalasHapusNIM : 10256120015
Fungsi manajemen Pendidikan Islam ada 4 yaitu :
1. Fungsi Perencanaan (planning)
Perencanaan adalah sebuah proses perdana ketika hendak melakukan pekerjaan baik dalam bentuk pemikiran maupun kerangka kerja agar tujuan yang hendak dicapai mendapatkan hasil yang optimal.Ketika menyusun sebuah perencanaan dalam pendidikan Islam tidaklah dilakukan hanya untuk mencapai tujuan dunia semata, tapi harus jauh lebih dari itu melampaui batas-batas target kehidupan duniawi. Arahkanlah perencanaanitu juga untuk mencapai target kebahagiaan dunia dan akhirat, sehingga kedua-duanya bisa dicapai secara seimbang.
2. Fungsi Pengorganisasian (organizing)
Ajaran Islam senantiasa mendorong para pemeluknya untuk melakukan segala sesuatu secara terorganisir dengan rapi, sebab bisa jadi suatu kebenaran yang tidak terorganisir dengan rapi akan dengan mudah bisa diluluh lantakanoleh kebathilan yang tersusun rapi. Sebuah organisasi dalam manajemen pendidikan Islam akan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan jika konsisten dengan prinsip-prinsipyang mendesain perjalanan organisasi yaitu Kebebasan, keadilan, dan musyawarah.
3. Fungsi Pengarahan (directing)
Pengarahan adalah proses memberikan bimbingan kepada rekan kerja sehingga mereka menjadi pegawai yang berpengetahuan dan akan bekerja efektif menuju sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya.Dalam manajemen pendidikan Islam, agar isi pengarahan yang diberikan kepada orang yang diberi pengarahan dapat dilaksanakan dengan baik maka seorang pengarah setidaknya harus memperhatikan beberapa prinsip berikut,yaitu: Keteladanan, konsistensi, keterbukaan, kelembutan, dan kebijakan.
4. Fungsi Pengawasan (controlling)
Pengawasan adalah keseluruhan upaya pengamatan pelaksanaan kegiatan operasional guna menjamin bahwa kegiatan tersebut sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya.Dalam pendidikan Islam pengawasan didefinisikan sebagai proses pemantauan yang terus menerus untuk menjamin terlaksananya perencanaan secara konsekwen baik yang bersifat materil maupun spirituil. Monitoring bukan hanya dilakuakan oleh manajer, tetapi juga Allah Swt, menggunakan metode yang manusiawi yang menjunjung martabat manusia.
Nama : ADRIANI
HapusNIM : 10256120018
Coba berikan contoh yang konkret dari ke empat fungsi tersebut dan apakah hanya ke empat fungsi tersebut bisa kita lakukan atau ada fungsi fungsi yang lain serta sejauh mana fungsi fungsi tersebut telah berhasil dilaksanakan?
Pertanyaan untuk saudari ummu athiyah bagaimanakah langkah-langkah perencanaan (planning)yang baik?
HapusJawaban untuk saudari Adriani,
Hapus1. Fungsi perencanaan, contohnya Kurikulum Pendidikan Islam, RPP, Silabus dan semacamnya.
2. Fungsi Pengorganisasian, contohnya menetapkan tugas-tugas pokok anggota organisasi,melakukan pembagian tugas-tugas pokok menjadi tugas-tugas yang lebih rinci.
3. Fungsi pengarahan, contohnya memberikan bimbingan kepada rekan kerja.
4. Fungsi Pengawasan, contohnya pengamatan pelaksanaan kegiatan.
Secara umum hanya keempat fungsi tersebut yang diberlakukan hingga saat ini. mengenai keberhasilan fungsi ini tergantung kepada pelaksananya, jika mereka sungguh-sungguh maka akan berhasil. Namun sejauh ini keempat fungsi tersebut sudah sangat membantu dalam manajemen Pendidikan Islam.
Jawaban untuk Saudari Nur Indah Auliah,
HapusLangkah-langkah perencaan yang baik selalu diawali dengan menetapkan tujuan yang ingin dicapai, setelah itu merencanakan kegiatan yang akan ditempuh untuk mewujudkan tujuan tersebut, lalu yang terakhir adalah melakukan evaluasi untuk mengukur tingkat keberhasilan yang dicapai agar kedepannya bisa lebih dioptimalkan.
Nama : ADRIANI
BalasHapusNIM : 10256120018
Fungsi manajemen pendidikan Islam
1. Fungsi perencanaan
Dimana merupakan langkah awal yang dilakukan untuk menentukan langkah apa yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran.
2. Fungsi Pengorganisasian
Dimana fungsi yang dilakukan untuk membagi struktur dalam proses belajar.
3. Funfsi pembimbingan
Yaitu memberikan pembinaan kepada rekan kerja agar profesional dalam pelaksanaan tugas tugasnya dengan baik.
4. Fungsi pengawasan
Yaitu bertujuan mengawasi para rekan kerja agar mereka berjalan sesuai perencanaan pembelajaran dan tujuan pembelajaran.
Peran manajemen pendidikan Islam dalam pelaksanaan pendidikan Islam adalah menjadi pondasi dan struktur dalam menjalankan pendidikan Islam agar terstruktur dan teratur.
NAMA : UMMU ATHIYAH
HapusNIM : 10256120015
NAMA : UMMU ATHIYAH
NIM : 10256120015
Apakah tenaga pendidik bisa melakukan improvisasi secara tiba-tiba? Misalnya kegiatan tersebut tidak ada di perencanaan manajemen Pendidikan Islam tetapi tenaga pendidik melakukannya pada saat kegiatan pembelajaran.
Nama : ADRIANI
HapusNIM : 10256120018
(Jawaban untuk saudari Ummu Athiyah)
Menurut informasi dari beberapa tenaga pendidik bahwasanya guru bisa melakukan improvisasi selagi kegiatan tersebut tetap berkaitan dengan judul pembelajaran agar kegiatan yang dilakukan tersebut tidak akan mengakibatkan kepusingan terhadap peserta didik.
Bagaimana langkah-langkah perencanaan (planning) yang baik menurut agama Islam?
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama :Eka Safitri
BalasHapusNim :10256120006
Prodi :TBI (1) /Sem 3
1.Fungsi Perencanaan (planning)
Perencanaan adalah sebuah proses perdana ketika hendak melakukanpekerjaan baik dalam bentuk pemikiran maupun kerangka kerja agar tujuan yanghendak dicapai mendapatkan hasil yang optimal.Demikian pula halnya dalampendidikan Islam perencanaan harus dijadikan langkah pertama yang benar-benar diperhatikan oleh para manajer dan para pengelola pendidikan Islam.
2.Fungsi Pengorganisasian (organizing)
Ajaran Islam senantiasa mendorong para pemeluknya untuk melakukansegala sesuatu secara terorganisir dengan rapi, sebab bisa jadi suatu kebenaranyang tidak terorganisir dengan rapi akan dengan mudah bisa diluluhlantakanoleh kebathilan yang tersusun rapi.
3.Fungsi Pengarahan (directing)
Pengarahan adalah proses memberikan bimbingan kepada rekan kerjasehingga mereka menjadi pegawai yang berpengetahuan dan akan bekerjaefektif menuju sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya.
4.Fungsi Pengawasan (controlling)
Pengawasan adalah keseluruhan upaya pengamatan pelaksanaan kegiatanoperasional guna menjamin bahwa kegiatan tersebut sesuai dengan rencanayang telah ditetapkan sebelumnya.
Nah , dalam pendidikan islam pastinya sangat berperan sekali dari 4 fungsi manajemen pendidikan islam tersebut.
Perencanaan dalam pendidikan Islam perencanaan harus dijadikan langkah pertama yang benar-benar diperhatikan oleh para manajer dan para pengelola pendidikan Islam.Sebab perencanaan merupakan bagian penting dari sebuah kesuksesan,kesalahan dalam menentukan perencanaan pendidikan Islam. Bahkan Allah SWT memberikan arahan kepada umatnya untuk melakukan perencanaan kedepannya apa yang ia akan lakukan, dan hal hal apa saja yang ia inginkan dan wujudkan melalui perencanaan individual.
Pengorganisasian (organizing) tentunya dalam pendidikan sendri butuh stuktur dalam mencapai suatu keutuhan yang kokoh dengan adanya pengorganisasian yang tertarik rapi, dan jelas aturan aturannya yang diikuti oleh semua pihak sperti sekolah berarti para siswa dan guru guru. Dimana pengorganisasian ini sangat bagus dan wajib dimiliki semua organisasi ataupun kumpulan-kumpulan masyarakat. Ajaran Islam senantiasa mendorong para pemeluknya untuk melakukansegala sesuatu secara terorganisir .
Pengarahan dalam manajemen pendidikan Islam, agar isi pengarahan yang diberikankepada orang yang diberi pengarahan dapat dilaksanakan dengan baik makaseorang pengarah setidaknya harus memperhatikan beberapa prinsip berikut,yaitu: Keteladanan, konsistensi, keterbukaan, kelembutan, dan kebijakan. Isipengarahan baik yang berupa perintah, larangan, maupun bimbingan hendaknyatidak memberatkan dan diluar kemampuan sipenerima arahan.Pendidikan Islam adalah proses bimbingan yang didasari prinsip-prinsip religius kepada rekan kerja, sehingga orang tersebut mau melaksanakan tugasnya.
Pengawasan perannya sanagat penting dimana dalam pendidikan islam kita bisa mengawasi hal-hal yang perlu misalnya seperti di sekolah( dalam kelas, ujian, pembelajaran).Dalam pendidikan Islam pengawasandidefinisikan sebagai proses pemantauan yang terus menerus untuk menjaminterlaksananya perencanaan secara konsekwen baik yang bersifat materilmaupun spirituil. Monitoring bukan hanya dilakuakan oleh manajer, tetapi juga Allah Swt, menggunakan metode yang manusiawi yang menjunjung martabatmanusia.
Bagaimana jika ada salah satu fungsi manajemen pendidikan yg anda jelaskan diatas tidak terlaksana dengan baik, apakah akan mempengaruhi kegiatan pembelajaran?
HapusNAMA : ASMAWATI
HapusNIM : 10256120004
TANGGAPAN SAYA
Dalam menjalankan ke-empat fungsi ini otomatis diperlukan figur seorang pemimpin di dalamnya, jadi pertanyaan saya bagaimana karakteristik pemimpin yang layak dalam hal tersebut?
Nama :Nawilda
BalasHapusNim :10256120019
1. fungsi perencanaan (planning) Perencanaan menjadi pondasi awal dalam menentukan segala langkah. Melalui perencanaan matang, seseorang bisa menentukan tujuan dan strategi yang tepat.
2.fungsi pengorsasian (organizing) Fungsi ini juga meliputi fungsi, hubungan dan struktur. Fungsi berupa tugas-tugas yang dibagi ke dalam fungsi garis, staf, dan fungsional.
3Fungsi pengarahan (directing). Dalam manajemen pendidikan Islam, fungsi pengarahan menjadi proses pembimbingan dengan menggunakan prinsip-prinsip kepada rekan kerja.
4. Fungsi pengawasan (controlling). menjelaskan, pengawasan dalam pendidikan Islam memiliki karakteristik seperti pengawasan bersifat materi dan spiritual. Hal dalam arti memantau bukan hanya manajer, tetapi juga Allah SWT.
Dan peran manajemen pendidikan dalam pelaksanaan pendidikan islam yaitu dengan diberlakukannya manajemen pendidikan Islam, maka dapat mempermudah tercapainya tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien. Karena dengan manajemen pendidikan Islam, kegiatan pendidikan dan prosesnya dapat terencana, terorganisir, terarah kan sekaligus juga dapat terawasi dan terevaluasi
Menurut anda, apakah manajemen pendidikan yang anda jelaskan di atas sudah efisien atau belum?
HapusMengapa pengendalian (controlling) diperlukan dalam manajemen?
HapusNAMA : UMMU ATHIYAH
HapusNIM : 10256120015
Seperti yang anda katakan diatas bahwa " dengan manajemen pendidikan Islam kegiatan pendidikan dan prosesnya dapat terevaluasi", bisakah anda jelaskan lebih detail mengenai hal tersebut dan berikan contohnya.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusNama : ACO MUH FAUSY FAHRY
HapusNim : 10256120001
Bisakah anda menjelaskan mengenai "Pengawasan bersifat materi dan spiritual"?
Nama: ADRIANI
HapusNIM: 10256120018
Mungkin bisa dijelaskan apa itu fungsi garis pada bagian nomor dua dan Bagaimana pengawasan secara spiritual itu dilakukan karena ini menyangkut kepada batin seseorang?
Nama :nawilda
HapusNim :0256120019
baiklah saya akan menjawab pertanyaan saudaru islah.Dan peran manajemen pendidikan dalam pelaksanaan pendidikan islam yaitu dengan diberlakukannya manajemen pendidikan Islam, maka dapat mempermudah tercapainya tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien. Karena dengan manajemen pendidikan Islam, kegiatan pendidikan dan prosesnya dapat terencana, terorganisir, terarah kan sekaligus juga dapat terawasi dan terevaluasi
Nama: Nawilda
HapusNim :10256120019
jawaban dari pertanyaan saudari marwa yaitu Dengan adanya controlling dapat membantu menemukan kesalahan-kesalahan yang mungkin ada dan selanjutnya dapat diatasi dengan mengambil tindakan korektif sehingga membantu mencapai tujuan dari organisasi.
Nama :Nawilda
HapusNim :10256120019
jawaban dari pertanyaan saudari ummu ialah Administrasi pendidikan atau adminstrasi sekolah tidak
hanya menyangkut soal-soal tata usaha sekolah, tetapi menyangkut
semua kegiatan sekolah, baik yang mengenai materi, personel,
perencanaan, kerja sama, kepemimpinan, kurikulum, dan
sebagainya, yang harus di atur sehingga menciptakan suasana yang
memungkinkan terselenggaranya kondisi-kondisi belajar-mengajar
yang baik sehingga mencapai tujuan pendidikan.dan contohnya ialah Memberikan tanggung jawab pada personil sekolah hendaknya sesuai dengan sifat-sifat dan kemampuannya
Apakah saudari Nawilda bisa menjelaskan lebih detail tentangfungsi garis, staf, dan fungsional?
HapusNAMA : UMMU ATHIYAH
HapusNIM : 10256120015
Menanggapi jawaban anda mengenai pertanyaan saya, diatas saya menanyakan kaitan manajemen pendidikan dan evaluasi, bagaimana cara evaluasinya bukan macam-macam kegiatan administrasi pendidikan.
Nama : Islah Mutaqhirah Syam
BalasHapusNim : 10256020007
Fungsi manajemen pendidikan Islam ada 4 yaitu;
1. Fungsi perencanaan, seseorang bisa menentukan tujuan dan strategi yang tepat dengan perencanaan kamu juga bisa meminimalisir kerugian yang dihadapi nanti.
2. Fngsi pengorganisasian, meliputi penentuan fungsi hubungan dan struktur.
3. Fungsi pengarahan, menjadi proses pembimbingan dengan menggunakan prinsip-prinsip religius kepada rekan kerja.
4. Fungsi pengawasan, melakukan penilaian dan pengawasan terhadap segala hal yang dilakukan anggota organisasi sehingga dapat diarahkan ke jalan yang benar sesuai tujuan.
Peran manajemen pendidikan Islam dalam pelaksanaan pendidikan Islam yaitu menjadi langkah awal dalam menjalankan pendidikan Islam agar dapat berjalan sesuai dengan struktur yang telah di terapkan.
Nama : Dheanda Aulia Fitri
HapusNim : 10256120005
Bisakah anda memberikan gambaran tentang fungsi perencanaan manajemen pendidikan Islam?
NAMA : UMMU ATHIYAH
HapusNIM : 10256120015
Bagaimana jika tujuan yang ditetapkan di Manajemen Pendidikan Islam bagian perencanaan tidak tercapai? Apa yang harus dilakukan oleh tenaga pendidik?
Nama:Julisa
HapusNim :10256120021
Dari sodari Islah sudah menjelaskan beberapa fungsi² manajemen pendidikan islam
Nah pertanyaan saya bisakah anda jelaskan tujuan manajemen pendidikan Islam tersebut?
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusNama : ADRIANI
HapusNIM : 10256120018
Ketika diantara ke empat manajemen tersebut tidak tersusun dengan baik dan terstruktur apa solusi yang skan dilakukan oleh tenaga pendidik mengatasi hal tersebut?
Nama : Islah Mutaqhirah Syam
HapusNim : 10256120007
Jawaban untuk saudari Julisa
Tujuan manajemen pendidikan Islam itu untuk mengontrol jalannya pendidikan islam. Dan juga agar tercapainya pendidikan yang efektif
Nama :Islah Mutaqhirah Syam
HapusNim : 10256120007
Jawaban untuk saudari Ummu Athiyah
Jika manajemen pendidikan pada bagaian perencanaan tidak tercapai, maka kita harus ke planning berikutnya. Atau mengadakan rapat tentang perencanaan yang berjalan tidak sesuai agar dapat terkontrol.
Nama : Marwa
BalasHapusNim : 10256120011
1) Perencanaan Pendidikan Islam
Perencanaan merupakan fungsi yang paling awal dari keseluruhan fungsi manajemen sebagaimna banyak dikemukakan oleh para ahli. Perencanaan adalah proses kegiatan yang menyiapkan secara sistematis kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.
2) Pengorganisasian Pendidikan Islam Pengoeganisasian merupakan lanjutan dan fungsi perencanaan dalam sebuah sistem manajemen.Pengorganisasian bisa dikatakan sebagai “urat nadi” bagi seluruh organisasi atau lembaga.Oleh karena itu, pengorganisasian sangat berpengaruh terhadap berlangsungnya suatu organisasi atau lembaga, termasuk di dalamnya lembga pendidikan.
3) Penggerakkan Pendidikan Islam
Penggerakan (actuating) adalah salah satu fungsi manajemen yang berfungsi untuk merealisasikan hasil perencanaan dan pengorganisasian.Actuating adalah upaya untuk menggerakkan atau mengarahkan tenaga kerja (man power) serta mendayagunakan fasilitas yang ada dimaksud untuk melaksanakan pekerjaan secara bersama.
4) pengawasan Pendidikan Islam
Controling (pengawasan) merupakan langkah penentu terhadap apa yang harus dilaksanakan, sekaligus menilai dan memperbaiki, sehingga pelaksanaannya sesuai dengan rencana, serta terwujudnya secara efektif dan efesien.
Nama : Dheanda Aulia Fitri
HapusNim : 10256120005
Menurut anda mengapa Pengorganisasian bisa dikatakan sebagai “urat nadi” bagi seluruh organisasi atau lembaga? Bisakah anda memberikan gambaran tentang hal tersebut?
Nama : Arby Syam
HapusNIM : 10256120003
Berikan contoh dari 4 aspek fungsi yang anda berikan
Jawaban untuk saudari Dheanda : perorganisasian bisa dikatakan sebagai urat nadi karena tanpa adanya perorganisasian dalam fungsi manajemen maka suatu manajamen tidak akan berjalan dengan baik.
Hapusnama : Mutmainnah
HapusNIM :10256120012
bagaimana contoh dari keempat fungsi diatas dalam hubungannya dengan pendidikan islam di indonesia?
Nama : Dheanda Aulia Fitri
BalasHapusNim : 10256120005
Fungsi manajemen pendidikan Islam.
Setiap ilmu akan ada fungsi dasar yang dimiliki, begitu pula salam manajemen pendidikan. Terfokus pada manajemen pendidikan Islam, memiliki 4 fungsi bagian. Keempat fungsi tersebut di antaranyya fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi pengarahan, dan fungsi pengawasan. Berikut penjelasan untuk masing-masing fungsi manajemen pendidikan Islam.
1. Fungsi perencanaan (planning).
Perencanaan menjadi pondasi awal dalam menentukan segala langkah. Melalui perencanaan matang, seseorang bisa menentukan tujuan dan strategi yang tepat. Dengan membuat perencanaan, kamu juga bisa meminimalisir kerugian yang dihadapi. Begitu juga dalam manajemen pendidikan Islam, diperlukan adanya planning atau perencanaan yang tepat.
2. Fungsi pengorganisasian (organizing).
Setelah melakukan perencanaan, fungsi selanjutnya adalah pengorganisasian. Fungsi ini juga meliputi penentuan fungsi, hubungan dan struktur. Fungsi berupa tugas-tugas yang dibagi ke dalam fungsi garis, staf, dan fungsional.Hubungan ini terdiri atas tanggung jawab dan wewenang. Memperlancar strukturnya dapat horizontal maupun vertical.
3. Fungsi pengarahan (directing).
Dalam manajemen pendidikan Islam, fungsi pengarahan menjadi proses pembimbingan dengan menggunakan prinsip-prinsip religius kepada rekan kerja. Sehingga orang tersebut mau melaksanakan tugasnya dengan sungguh- sungguh dan bersemangat disertai keikhlasan yang sangat mendalam.Sebagai contoh, hal ini bisa terjadi ketika atasan memberikan bantuan berupa bimbingan kepada anggotanya yang mengalami kesulitan dalam bekerja. Dengan arahan tersbut bisa menimbulkan suasana kerja yang semakin menyenangkan.
4. Fungsi pengawasan (controlling).
Menurut Ramayulis (2008:274) menjelaskan, pengawasan dalam pendidikan Islam mempunyai karakteristik seperti pengawasan bersifat material & spiritual. Hal in berarti monitoring bukan hanya manajer, tetapi juga Allah SWT.Selain itu metode yang digunakan merupakan metode yang manusiawi yang menjunjung martabat manusia. Fungsi pengawasan juga melakukan penilaian dan pengawasan terhadap segala hal yang dilakukan anggota organisasi sehingga dapat diarahkan ke jalan yang benar sesuai tujuan.
Nama : Arby Syam
HapusNIM : 10256120003
Tuliskan contoh penerapan yang ada saat ini dari 4 aspek yang anda jelaskan.
Bagaimana cara pendidik mengatasi solusi jika ada salah satu fungsi manajemen yang tidak tercapai sesuai tujuan?
HapusNama : Dheanda Aulia Fitri
HapusNim : 10256120005
Jawaban untuk saudara Arby Syam. Contoh penerapan pada fungsi perencanaan yaitu menjadi pondasi awal dalam menentukan segala langkah melalui perencanaan matang, seseorang bisa menentukan tujuan dan strategi yang tepat seperti halnya dalam pendidikan pun juga di perlukan perencanaan agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan maksimal, fungsi pengorganisasian contohnya yaitu bagaimana cara kita sebagai pendidik untuk menjalankan atau melakukan rencana yang telah dibuat sebelumnya, Fungsi Pengarahan contohnya memberikan pengarahan kepada siswa jika ada yang mengalami kesulitan dalam belajar, dan yang terakhir contoh fungsi pengawasan yaitu memberikan pengawasan pada jalannya pembelajaran agar pembelajaran lebih efisien.
Nama : Dheanda Aulia Fitri
HapusNim : 10256120005
Jawaban untuk saudari Wilda Lestari Amir, Proses pembelajaran terjadi karena ada tujuan yang hendak dicapai. Akan tetapi banyak seorang guru gagal dalam pembelajaran, seperti banyak siswa yang tidak mencapai tujuan yang diharapkan.
Guru yang baik akan berusaha sedapat mungkin agar pembelajarannya berhasil. Salah satu faktor yang dapat membawa keberhasilan itu, adalah adanya perencanaan pembelajaran yang dibuat guru sebelumnya. Melalui perencanaan yang maksimal, seorang guru dapat menentukan strategi apa yang digunakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Perencanaan dapat menghindarkan kegagalan pembelajaran.
Pembelajaran sebagai proses kerja sama antara guru dan siswa pasti akan menghadapi beberapa masalah pembelajaran. Hal tersebut akan berdampak pada kegagalan pembelajaran. Melalui perencanaan yang baik, setidaknya dapat mengantisipasi atau meminimalisir permasalahan- permasalahan yang nantinya akan muncul, sehingga pembelajaran berjalan normal dan keberhasilan pembelajaran tercapai.
SUMBER :https://bdkmakassar.kemenag.go.id/berita/perencanaan-pengajaran-dalam-pembelajaran
Nama:Julisa
BalasHapusNim :10256120021
Fungsi manajemen dalam pendidikan islam:
1. fungsi perencanaan (planning)
Perencanaan menjadi pondasi awal dalam menentukan segala langkah. Melalui perencanaan matang, seseorang bisa menentukan tujuan dan strategi yang tepat.
2.fungsi pengorganisasian
(organizing) Fungsi ini juga meliputi fungsi, hubungan dan struktur. Fungsi berupa tugas-tugas yang dibagi ke dalam fungsi garis, staf, dan fungsional.
3Fungsi pengarahan (directing).
Dalam manajemen pendidikan Islam, fungsi pengarahan menjadi proses pembimbingan dengan menggunakan prinsip-prinsip kepada rekan kerja.
4. Fungsi pengawasan
(controlling). menjelaskan,
pengawasan dalam pendidikan Islam memiliki karakteristik seperti pengawasan bersifat materi dan spiritual. Hal dalam arti memantau bukan hanya manajer, tetapi juga Allah SWT.
Peran manajemen pendidikan dalam pelaksanaan pendidikan islam yaitu, dengan diberlakukannya manajemen pendidikan Islam, maka dapat mempermudah tercapainya tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien. Karena dengan manajemen pendidikan Islam, kegiatan pendidikan dan prosesnya dapat terencana, terorganisir, terarah kan sekaligus juga dapat terawasi dan terevaluasi
NAMA : UMMU ATHIYAH
HapusNIM : 10256120015
Bisakah anda jelaskan lebih lanjut mengenai pengawasan yang bersifat materi dan spiritual? Berikan contohnya dalam manajemen pendidikan Islam.
Maaf untuk saudari Julisa, apa maksud dari kalimat ini "Hal dalam arti memantau bukan hanya manajer, tetapi juga Allah SWT"?
Hapuskepada saudari julisa bisakah anda menjelaskan secara terperincimaksud dari fungsi pengarahan (directing) beserta contohnya dalam dunia pendidikan indonesia
HapusNama : Arby Syam
BalasHapusNIM : 10256120003
Manajemen pendidikan Islam adalah pengelompokan materi berdasarkan tingkat kesulitan dan sasaran usia peserta didik yang akan menerimanya dan hal ini berfungsi agar pendidik lebih mudah memberikan materi dan peserta didik tidak kesulitan menerima materi karena tingkat kesulitan memahami selaras antara keduanya (pendidik dan peserta didik) dan manajemen pendidikan Islam berperan penting agar proses pembelajaran pendidikan Islam selaras dipenjuru negeri mulai dari ranah nasional hingga internasional.
Nama : ACO MUH FAUSY FAHRY
HapusNim : 10256120001
Bagaimana jika didalam satu tingkatan ada peserta didik yang belum mempunyai perkembangan pemikiran yang setara dengan peserta didik yang lainnya? bagaimana solusinya?
Nama : Arby Syam
HapusNIM : 10256120003
Dari kasus tersebut maka pendekatan pendidik terhadap peserta didik sangat dibutuhkan agar mengetahui kelemahan dari peserta didik dan mencari metode pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik dan pendidik tidak boleh menuntut lebih atau memaksakan kehendaknya terhadap peserta didik tersebut.
Nama : ACO MUH FAUSY FAHRY
BalasHapusNim : 10256120001
1. Fungsi perencanaan (planning).
Perencanaan menjadi pondasi awal dalam menentukan segala langkah. Melalui perencanaan matang, seseorang bisa menentukan tujuan dan strategi yang tepat. Begitu juga dalam manajemen pendidikan Islam, diperlukan adanya planning atau perencanaan yang tepat.
2. Fungsi pengorganisasian (organizing).
Setelah melakukan perencanaan, fungsi selanjutnya adalah pengorganisasian. Fungsi ini juga meliputi penentuan fungsi, hubungan dan struktur.
3. Fungsi pengarahan (directing).
Dalam manajemen pendidikan Islam, fungsi pengarahan menjadi proses pembimbingan dengan menggunakan prinsip-prinsip religius kepada rekan kerja. Sehingga orang tersebut mau melaksanakan tugasnya dengan sungguh- sungguh dan bersemangat disertai keikhlasan yang sangat mendalam.
4. Fungsi pengawasan (controlling).
Fungsi pengawasan yaitu melakukan penilaian dan pengawasan terhadap segala hal yang dilakukan anggota organisasi sehingga dapat diarahkan ke jalan yang benar sesuai tujuan.
Manajemen pendidikan islam adalah suatu proses penataan/ pengelolaan lembaga pendidikan islam yang melibatkan sumber daya manusia dalam menggerakkannya untuk mencapai tujuan pendidikan islam secara efektif dan efisien. Itu berarti dalam suatu lembaga pendidikan islam diperlukan manajemen yang baik sesuai dengan kaidah aturan dan ajaran yang ada pada Al-Qur’an dan hadis. Peran manajemen pendidikan yaitu, mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan, dll.
jika fungsi perencanaan pembelajaran tidak dirancang dengan strategi yang tepat maka fungsi yang lain akan terpengaruh, bisakah ada jelaskan apa saja akibat dari tidak berjalannya fungsi perencanaan dengan baik?
HapusAkibatnya adalah terganggunya manejemen pendidikan, dan itu akan mempengaruhi perencanaan dalam pendidikan.
HapusNama : Rahmawati
BalasHapusNim : 10256120014
Kurikulum yang dipandang baik untuk mencapai tujuan pendidikan adalah yang bersifatintegreted dan komprehensif, mencakup ilmu agama dan ilmu umum. Karena kesempurnaan manusia tidak akan tercapai kecuali dengan menserasikan antara agama dan ilmu pengetahuan umum. Kurikulum pendidikan Islam meliputi sejumlah materi pelajaran dan aktivitas yang di dalamnya menonjolkan tujuan agama dan akhlak, berurutan, berkesinambungan dan terintegrasi, yakni di dalam kurikulum tersebut mempunyai sistem pengajaran dan materi yang selaras dengan fitrah manusia, dapat mewujudkan tujuan pendidikan yang fundamental dan sesuai dengan tingkatan anak didik serta mengandung nilai-nilai islami dan unsur ketauidan.Dan peran manajemen pendidikan dalam pelaksanaan pendidikan islam yaitu dengan diberlakukannya manajemen pendidikan Islam, maka dapat mempermudah tercapainya tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien. Karena dengan manajemen pendidikan Islam, kegiatan pendidikan dan prosesnya dapat terencana, terorganisir, terarah kan sekaligus juga dapat terawasi dan terevaluasi
Bagaimana jika manajemen pendidikan Islam tidak terlaksana dengan baik? Dan berikan solusi untuk menangani hal tersebut!
HapusNAMA : UMMU ATHIYAH
HapusNIM : 10256120015
Jadi, apa saja fungsi manajemen pendidikan islam menurut anda, karena yang anda cantumkan diatas hanya peran manejemen pendidikan Islam dan kurikulum yang baik.
nama: Mutmainnah
HapusNIM : 10256120012
saya setuju dengan pernyataan anda diatas bahwa manajemen pendidikan harus meliputi ilmu agama dan ilmu umum.lalu apakah saat ini pendidikan Islam di indonesia memenuhimanajemen tersebut? atau adakah usulan anda mengenai manajemen pendidikan islam di indonesia.kemudian yang anda jelaskan diatas hanya mengenai manajemen pendidikan, bagaimana dengan fungsi manajemen pendidikan?
NAMA : NUNU FITRIANA
BalasHapusNIM : 10256120008
1. Fungsi Perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah sebuah proses perdana ketika hendak melakukan pekerjaan baik dalam bentuk pemikiran maupun kerangka kerja agar tujuan yang hendak dicapai mendapatkan hasil yang optimal. Demikian pula halnya dalam pendidikan Islam perencanaan harus dijadikan langkah pertama yang benar-benar diperhatikan oleh para manajer dan para pengelola pendidikan Islam. Sebab perencanaan merupakan bagian penting dari sebuah kesuksesan, kesalahan dalam menentukan perencanaan pendidikan Islam akan berakibat sangat fatal bagi keberlangsungan pendidikan Islam.
2. Fungsi Pengorganisasian (organizing)
Ajaran Islam senantiasa mendorong para pemeluknya untuk melakukan segala sesuatu secara terorganisir dengan rapi, sebab bisa jadi suatu kebenaran yang tidak terorganisir dengan rapi akan dengan mudah bisa diluluhlantakan oleh kebathilan yang tersusun rapi. Sebuah organisasi dalam manajemen pendidikan Islam akan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan jika konsisten dengan prinsip-prinsip yang mendesain perjalanan organisasi yaitu Kebebasan, keadilan, dan musyawarah. Jika kesemua prinsip ini dapat diaplikasikan secara konsisten dalam proses pengelolaan lembaga pendidikan islam akan sangat membantu bagi para manajer pendidikan Islam.
3. Fungsi Pengarahan (directing).
Pengarahan adalah proses memberikan bimbingan kepada rekan kerja sehingga mereka menjadi pegawai yang berpengetahuan dan akan bekerja efektif menuju sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Fungsi pengarahan dalam manajemen pendidikan Islam adalah proses bimbingan yang didasari prinsip-prinsip religius kepada rekan kerja, sehingga orang tersebut mau melaksanakan tugasnya dengan sungguh- sungguh dan bersemangat disertai keikhlasan yang sangat mendalam.
4. Fungsi Pengawasan (Controlling)
Pengawasan adalah keseluruhan upaya pengamatan pelaksanaan kegiatan operasional guna menjamin bahwa kegiatan tersebut sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam pendidikan Islam pengawasan didefinisikan sebagai proses pemantauan yang terus menerus untuk menjamin terlaksananya perencanaan secara konsekwen baik yang bersifat materil maupun spirituil.
Manajemen pendidikan Islam pada dasarnya adalah sebagai kegiatan memimpin, mengatur dan mengarahkan waktu, ruang, personal, daya, dana dan fasilitas secara efektif dan efisien dalam interaksi kegiatan pendidikan Islam secara teoritis maupun praktis agar tujuan pendidikan tersebut tercapai.
Nama : Syahrani
BalasHapusNim : 10256120013
1.Fungsi Perencanaan (planning)
Planning atau perencanaan adalah keseluruhan proses dan penentuan
secara matang tentang hal-hal yang akan dikerjakan di masa akan datang
dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan.13 Ketika dikaitkan
dengan sistem pendidikan dalam suatu organisasi kependidikan, maka perencanaan pendidikan menurut ST Vembriarto (1988 : 39) dapat
didefiniskan sebagai penggunaan analisa yang bersifat rasional dan
sistematis terhadap proses pengembangan pendidikan yang bertujuan
untuk menjadikan pendidikan menjadi lebih efektif dan efisien dalam menanggapi kebutuhan dan tujuan murid-murid serta masyarakat.
2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
Kegiatan administratif manajemen tidak berakhir setelah perencanaan
tersusun. Kegiatan selanjutnya adalah melaksanaan perencanaan itu secara operasional. Salah satu kegiatan administratif manajemen dalam
pelaksanaan suatu rencana disebut organisasi atau pengorganisasian.Organisasi adalah sistem kerja sama sekelompok orang untuk
mencapai tujuan bersama. Langkah pertama dalam pengorganisasian
diwujudkan melalui perencanaan dengan menetapkan bidang-bidang atau
fungsi-fungsi yang termasuk ruang lingkup kegiatan yang akan
diselenggarakan oleh suatu kelompok kerjasama tertentu. Keseluruhan
pembidangan itu sebagai suatu kesatuan merupakan total sistem yang
bergerak ke arah satu tujuan. Dengan demikian, setiap pembidangan kerja
dapat ditempatkan sebagai sub sistem yang mengemban sejumlah tugas
yang sejenis sebagai bagian dari keseluruhan kegiatan yang diemban oleh
kelompok-kelompok kerjasama tersebut.
3. Fungsi Penggerakan (actuating)
Fungsi actuating merupakan bagian dari proses kelompok atau
organisasi yang tidak dapat dipisahkan. Adapun istilah yang dapat
dikelompokkan ke dalam fungsi ini adalah directing commanding, leading
dan coordinating.
Karena tindakan actuating sebagaimana tersebut di atas, maka proses
ini juga memberikan motivating, untuk memberikan penggerakan dan
kesadaran terhadap dasar dari pada pekerjaan yang mereka lakukan, yaitu menuju tujuan yang telah ditetapkan, disertai dengan memberi motivasi-
motivasi baru, bimbingan atau pengarahan, sehingga mereka bisa
menyadari dan timbul kemauan untuk bekerja dengan tekun dan baik.Bimbingan menurut Hadari Nawawi (1983 : 36) berarti memelihara,
menjaga dan memajukan organisasi melalui setiap personal, baik secara
struktural maupun fungsional, agar setiap kegiatannya tidak terlepas dari
usaha mencapai tujuan. Dalam realitasnya, kegiatan bimbingan dapat berbentuk sebagai berikut :
1. Memberikan dan menjelaskan perintah
2. Memberikan petunjuk melaksanakan kegiatan
3. Memberikan kesempatan meningkatkan pengetahuan, keterampilan / kecakapan dan keahlian agar lebih efektif dalam melaksanakan berbagai kegiatan organisasi
4. Memberikan kesempatan ikut serta menyumbangkan tenaga dan fikiran untuk memajukan organisasi berdasarkan inisiatif dan
kreativitas masing-masing
5. Memberikan koreksi agar setiap personal melakukan tugas-
tugasnya secara efisien.
4.Fungsi Evaluasi/Controlling
Evaluasi dalam konteks manajemen adalah proses untuk memastikan
bahwa aktivitas yang dilaksanakan benar sesuai apa tidak dengan perencanaan sebelumnya. Evaluasi dalam manajemen pendidikan Islam
ini mempunyai dua batasan pertama; evaluasi tersebut merupakan proses/kegiatan untuk menentukan kemajuan pendidikan dibandingkan
dengan tujuan yang telah ditentukan, kedua; evaluasi yang dimaksud
adalah usaha untuk memperoleh informasi berupa umpan balik (feed
back) dari kegiatan yang telah dilakukan.
Evaluasi dalam manajemen pendidikan Islam ini mencakup dua
kegiatan, yaitu penilaian dan pengukuran. Untuk dapat menentukan nilai
dari sesuatu, maka dilakukan pengukuran dan wujud dari pengukuran itu adalah pengujian.
Manajemen pendidikan Islam pada dasarnya merupakan aktifitas untuk
memobilisasi dan memadukan segala sumber daya pendidikan Islam
dalam rangka untuk mencapai tujuan pendidikan Islam yang telah
ditetapkan sebelumnya.
Nama:Annisafa
BalasHapusNim:10256120010
Adapun fungsi manajemen pendidikan Islam dan perannya dalam pelaksanakan pendidikan Islam
Pertama, perencanaan dalam manajemen pendidikan Islam harus dilakukan secara teliti, sebagaimana Rasulullah selalu melakukan perencanaan secara teliti.
Kedua Pengorganisasian, dalam manajemen pendidikan Islam bahwa pengorganisasian tersebut tidak terlepas dari manusia baik itu sendiri maupun kelompok yang mengerjakan tugasnya sesuai mekanisme sehingga dapat bekerja secara efektif dan bermanfaat bagi proporsinya masing-masing, hal tersebut dapat menjamin organisasi lembaga pendidikan Islam
berjalan baik.
Ketiga, Pelaksanaan, dalam hal pelaksanaan, peran yang sangat penting adalah pimpinan karena
akan banyak berkaitan dengan manusia sebagai subjek kegiatan, sehingga secanggih apapun peralatan yang digunakan jika tidak disertai dukungan manusia khususnya pimpinan maka akan sia-sia.
Keempat Pengawasan, dalam bukunya
mengatakan bahwa pengawasan meliputi pemeriksaan kesesuaian terhadap apa yang direncanakan, intruksi yang dikeluarkan, serta prinsip yang telah diterapkan.
Nama : Wilda Lestari Amir
BalasHapusNim : 10256120016
Fungsi manajemen pendidikan Islam diantaranya sebagai berikut:
1. Fungsi Perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah sebuah proses perdana ketika hendak melakukan pekerjaan baik dalam bentuk pemikiran maupun kerangka kerja agar tujuan yang hendak dicapai mendapatkan hasil yang optimal. Demikian pula halnya dalam pendidikan Islam perencanaan harus dijadikan langkah pertama yang benar-benar diperhatikan oleh para manajer dan para pengelola pendidikan Islam. Sebab perencanaan merupakan bagian penting dari sebuah kesuksesan, kesalahan dalam menentukan perencanaan pendidikan Islam akan berakibat sangat fatal bagi keberlangsungan pendidikan Islam.
2. Fungsi Pengorganisasian (organizing)
Ajaran Islam senantiasa mendorong para pemeluknya untuk melakukan segala sesuatu secara terorganisir dengan rapi, sebab bisa jadi suatu kebenaran yang tidak terorganisir dengan rapi akan dengan mudah bisa diluluhlantakan oleh kebathilan yang tersusun rapi. Sebuah organisasi dalam manajemen pendidikan Islam akan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan jika konsisten dengan prinsip-prinsip yang mendesain perjalanan organisasi yaitu Kebebasan, keadilan, dan musyawarah.
3. Fungsi Pengarahan (directing).
Pengarahan adalah proses memberikan bimbingan kepada rekan kerja sehingga mereka menjadi pegawai yang berpengetahuan dan akan bekerja efektif menuju sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Fungsi pengarahan dalam manajemen pendidikan Islam adalah proses bimbingan yang didasari prinsip-prinsip religius kepada rekan kerja, sehingga orang tersebut mau melaksanakan tugasnya dengan sungguh- sungguh dan bersemangat disertai keikhlasan yang sangat mendalam.
4. Fungsi Pengawasan (Controlling)
Pengawasan adalah keseluruhan upaya pengamatan pelaksanaan kegiatan operasional guna menjamin bahwa kegiatan tersebut sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam pendidikan Islam pengawasan didefinisikan sebagai proses pemantauan yang terus menerus untuk menjamin terlaksananya perencanaan secara konsekwen baik yang bersifat materil maupun spiritual.
Dan peran manajemen pendidikan dalam pelaksanaan pendidikan islam yaitu dengan diberlakukannya manajemen pendidikan Islam, maka dapat mempermudah tercapainya tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien. Karena dengan manajemen pendidikan Islam, kegiatan pendidikan dan prosesnya dapat terencana, terorganisir, terarah kan sekaligus juga dapat terawasi dan terevaluasi.
NAMA : ASMAWATI
HapusNIM : 10256120004
TANGGAPAN SAYA
Bagaimana jika keempat fungsi ini tidak dilaksanakan secara stabil, apakah dapat memengaruhi kegiatan operasional dalam manajemen pendidikan Islam?
NAMA : ASMAWATI
BalasHapusNIM : 10256120004
Menurut Mahdi bin Ibrahim, fungsi manajemen pendidikan Islam meliputi; Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan/kepemimpinan, dan pengawasan.
1.Fungsi Perencanaan (planning)
Perannya :
Perencanaan dijadikan langkah pertama sebab perencanaan merupakan bagian penting dari sebuah kesuksesan. fungsi perencanaan berperan dalam mendesain sebuah rencana apa yang akan dilakukan dikemudian hari untuk mencapai suatu target kebahagiaan dunia dan akhirat.
2.Fungsi Pengorganisasian (organizing)
Perannya :
Pengorganisasian berperan sebagai tatanan tujuan agar tersusun secara rapi, sehingga tujuan manajemen pendidikan Islam dapat dicapai secara konsisten dan di dukung oleh penanaman prinsip-prinsip keorganisasian yaitu Kebebasan, keadilan, dan musyawarah.
3.Fungsi Pengarahan (directing)
Perannya :
berperan dalam memberikan bimbingan sehingga terciptanya proses kerja yang efektif sehingga dapat menuju sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Fungsi pengarahan akan berjalan secara maksimal jika memperhatikan prinsip Keteladanan, konsistensi, keterbukaan, kelembutan, dan kebijakan.
4. Fungsi Pengawasan (controlling)
Perannya :
Berperan dalam mengamati secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan operasional guna menjamin bahwa kegiatan tersebut sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya.
nama; Mutmainnah
BalasHapusNIM : 10256120012
TANGGAPAN
Menurut pakar manajemen islam terdapat 4 fungsi manajemen pedidikan islam. Dibawah ini penjelasan fungsi manajemen pendidikan islam.
1. Perencanaan, perencanaan ini dilakukan diawal sebelum memulai pendidikan. Segala sesuatu tentunya harus direncanakan dengan baik, begitu juga dengan pendidikan harus direncanakan secara teliti sebagaimana yang dilakukan oleh Muhammad saw. (firman Allah Q.S Al-Maidah) Perencanaan yang baik tentu tujuan pendidikan lebih terarah.
2. Pengorganisasian, tahap selanjutnya yang dilakukan setelah perencanaan adalah pengorganisasian yaitu kegiatan dasar mengelola sumber daya yang dibutuhkan dalam pendidikan termasuk manusia. Sekumpulan manusia yang saling bekerja smaa dan saling tolong menolong dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan sebagaimana struktur yang telah ditentukan merupakan konsep pengorganisasian yang kemukakan oleh Ahmad bin Daud al-Asy’ari dalam kitab Muqaddimah fi al-Idarah al-Islamiyah.
3. Pelaksanaan, yaitu kegiatan melaksanakan segala yang direncanakan sebelumnya atau kegiatan merealisasikan yang telah direncana disusun menjadi suatu tindakan nyata dalam rangka mencapai tujuan daripada pendidikan. Peran penting dalam fungsi pelaksanaan adalah pimpinan karena pimpinan lebih banyak berkaitan dengan sumber manusia sebagai subjek kegiatan pendidikan. Maka diperlukan dukungan lebih dari sumber daya manusia khususnya dari pimpinan dalam pelaksanaan pendidikan. Teladan sebaik-baiknya pemimpin adalah para Nabi. Seperti dalam Q.S al-Baqarah/2;213 Allah swt menunjuk para nabi untuk menuntun dan mengarahkan umatnya menuju jalan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. dengan memberikan kabar gembira dan peringatan kepada hambanya.
4. Pengawasan, dalam bukunya Saiful Sagala mengatakan bahwa pengawasan meliputi pemeriksaan akan kesesuaian terhadap apa yang direncanakan, yang intruksi yang di perintahkan dan prinsip yang dilaksanakan/diterapkan.
Dari penjelasan Fungsi manajemen di atas dapat dapat disimpulkan bahwa manajemen sangat penting bagi pendidikan sebagai jalan menuju tujuan pendidikan islam yang efektif dan efisien. Manusia sebagai subjek kegiatan harus menjalankan fungsi-fungsi pendidikan tersebut dengan baik dan teliti. Manusia harus melakukan perencanaan yang teliti, pengorganisasian yang bermutu, pelaksanaan yang maksimal serta pengawasan yang ketat.