HALAMAN INI MERUPAKAN FORUM UNTUK MENDISKUSIKAN MATERI PERANAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN BK BERDASARKAN VIDEO PEMBELAJARAN YANG TELAH DISAJIKAN DAN MATERI BACAAN YANG TERSEDIA. SILAKAN DISIMAK VIDEONYA SERTA PELAJARI MATERI BACAAN YANG TERSEDIA. SELANJUTNYA JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT INI:
JELASKAN MENGAPA SEORANG GURU JUGA HARUS BERPERAN DALAM BIMBINGAN KONSELING DALAM PROSES PEMBELAJARAN!
SEBUTKAN APA SAJA TUGAS UTAMA DARI SEORANG GURU. SERTA SEBUTKAN PULA TUGAS TAMBAHAN SEORANG GURU MENURUT PAKAR.
SETIAP MAHASISWA WAJIB MENJAWAB PERTANYAAN TERSEBUT UNTUK SELANJUTNYA DITANGGAPI OLEH MAHASISWA LAINNYA.
SETIAP MAHASISWA WAJIB MENANGGAPI JAWABAN YANG DIAJUKAN OLEH MAHASISWA LAINNYA (DIPILIH SECARA ACAK) SEBANYAK 2 KALI.
FORMAT POSTINGAN JAWABAN DAN TANGGAPAN ADALAH SEBAGAI BERIKUT:
NAMA:
NIM:
JAWABAN/TANGGAPAN:
Assalamualaikum perkenalkan
BalasHapusNAMA : AHMAD SYIHAB
NIM : 10156120237
PRODI : PAI 7
JELASKAN MENGAPA SEORANG GURU JUGA HARUS BERPERAN DALAM BIMBINGAN KONSELING DALAM PROSES PEMBELAJARAN!
Jawaban: Ya karana Guru itu harus mampu merangsang dan memberikan dorongan serta motivasi untuk menumbuhkan aktivitas dan kreativitas siswa. Peranan guru BK dalam memberikan motivasi untuk mendinamiskan potensi yang dimiliki siswa dan siswa dapat berkembang sesuai dengan harapan dan cita-cita.
SEBUTKAN APA SAJA TUGAS UTAMA DARI SEORANG GURU. SERTA SEBUTKAN PULA TUGAS TAMBAHAN SEORANG GURU MENURUT PAKAR.
Jawaban: tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
Tugas guru menurut pakar. 1.Menyerahkan kebudayaan kepada anak didik berupa kepandaian, kecakapan dan pengalaman – pengalaman.
2.Membentuk kepribadian anak yang harmonis, sesuai cita- cita dan dasar negara kita pancasila.
3.Menyiapkan anak menjadi warga negara yang baik sesuai Undang- undang pendidikan yang merupakan keputusan MPR No.II Tahun 1983
4.Sebagai perantara dalam belajar. Didalam proses belajar guru hanya sebagai perantara/ medium, anak harus berusaha sendiri mendapatkan/ insight timbul perubahan dalam penegtahuan, tingkah laku dan sikap.
5.Guru adalah pembimbing, untuk membawa anak didik kearah kedewasaan, pendidik tidak maha kuasa, tidak dapat membentuk anak didik menurut kehendaknya.
Nama:Muhammad Zadiq
HapusNim:10156120226
Tanggapan: Peran guru dalam pelaksanaan bimbingan konseling adalah membimbing, mengingatkan, memberi nasehat dan memberikan motivasi kepada siswa, memberikan penanaman konsep demokrasi, mengembangkan pemahaman diri melalui kehidupan siswa . Selain itu, guru juga melakukan pembiasaan nilai-nilai akhlak kepada siswa.
Nama Faisal Sumantri Hamudeng
HapusNim 10156120225
Tanggapan:
Peran guru dalam pelaksanaan bimbingan konseling adalah membimbing siswa memberi dan menanamkan sikap yang terdidik mengembangkan etika dan tatakrama kepada siswa dan mengajarkan bagaimana seorang siswa mempunyai rasa tangnggung jawab terhadap apa yang dilakukannya.
menurut pakar. 1.Menyerahkan kebudayaan kepada anak didik berupa kepandaian, kecakapan dan pengalaman – pengalaman.
2.Membentuk kepribadian anak yang harmonis, sesuai cita- cita dan dasar negara kita pancasila.
3.Menyiapkan anak menjadi warga negara yang baik sesuai Undang- undang pendidikan yang merupakan keputusan MPR No.II Tahun 1983
4.Sebagai perantara dalam belajar. Didalam proses belajar guru hanya sebagai perantara/ medium, anak harus berusaha sendiri mendapatkan/ insight timbul perubahan dalam penegtahuan, tingkah laku dan sikap.
5.Guru adalah pembimbing, untuk membawa anak didik kearah kedewasaan, pendidik tidak maha kuasa, tidak dapat membentuk anak didik menurut kehendaknya.
Nama:Muh.Anhar Y
HapusNim:10156120231
Berdasarkan Pasal 27 Peraturan Pemerintah No. 29/90 menyebutkan bahwa
bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan.
Nama:Muhammad Zadiq
BalasHapusNim:10156120226
Jawaban:Peran guru kelas maupun guru mata pelajaran dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling sangatlah penting. Keberhasilan penyelenggaraan bimbingan dan konseling di sekolah akan sulit dicapai tanpa peran serta guru kelas ataupun guru mata pelajaran di sekolah yang bersangkutan. Sehubungan dengan hal tersebut Sardiman (2001:142) mengemukakan sembilan peran guru yang terkait dengan penyelenggaraan kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah,
yaitu:
1.Sebagai Informator, guru diharapkan sebagai pelaksana cara mengajar informatif, laboratorium, studi lapangan, dan sumber informasi kegiatan akademik maupun umum.
2.Sebagai Organisator, guru sebagai pengelola kegiatan akademik, silabus, jadwal pelajaran dan lain-lain.
3.Sebagai Motivator, guru harus mampu merangsang dan memberikan dorongan serta reinforcement untuk mendinamisasikan potensi siswa, menumbuhkan swadaya (aktivitas) dan daya cipta (kreativitas) sehingga akan terjadi dinamika di dalam proses belajar dan pembelajaran.
4.Sebagai Director, guru harus dapat membimbing dan mengarahkan kegiatan belajar siswa sesuai dengan tujuan yang dicita-citakan.
5.Sebagai Inisiator, guru sebagai pencetus ide dalam proses belajar-mengajar.
6.Sebagai Transmitor, guru bertindak selaku penyebar kebijaksanaan dalam pendidikan dan pengetahuan.
7.Sebagai Fasilitator, guru akan memberikan fasilitas atau kemudahan dalam proses belajar-mengajar.
8.Sebagai Mediator, guru sebagai penengah dalam kegiatan belajar siswa.
9.Sebagai Evaluator, guru mempunyai otoritas untuk menilai prestasi anak didik dalam bidang akademik maupun tingkah laku sosialnya, sehingga dapat menentukan bagaimana anak didiknya berhasil atau tidak.
Nama: Muhammad Akbar
BalasHapusNim:10156120241
Prodi Pai 7
Jawab:Bimbingan dan konseling merupakan bagian tak terpisahkan dari sebuah sistem pendidikan. Sebagai sebuah sistem, kehadirannya diperlukan dalam upaya pembimbingan sikap perilaku siswa terutama dalam menghadapi perubahan-perubahan dirinya menuju jenjang usia yang lebih lanjut.
Jawab:Tugas utama dari seorang guru yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
Tugas guru menurut pakar. 1.Menyerahkan kebudayaan kepada anak didik berupa kepandaian, kecakapan dan pengalaman – pengalaman.
2.Membentuk kepribadian anak yang harmonis, sesuai cita- cita dan dasar negara kita pancasila.
3.Menyiapkan anak menjadi warga negara yang baik sesuai Undang- undang pendidikan yang merupakan keputusan MPR No.II Tahun 1983
4.Sebagai perantara dalam belajar. Didalam proses belajar guru hanya sebagai perantara/ medium, anak harus berusaha sendiri mendapatkan/ insight timbul perubahan dalam penegtahuan, tingkah laku dan sikap.
5.Guru adalah pembimbing, untuk membawa anak didik kearah kedewasaan, pendidik tidak maha kuasa, tidak dapat membentuk anak didik menurut kehendaknya.
Nama:Muhammad Zadiq
HapusNim:10156120226
Tanggapan: bagaimana cara seorang konselor atau guru bk menghadapi murid yang nakal atau bermasalah apakah jalan satu satunya adalah hukuman? Atau ada cara lain untuk membimbing murid yang bermasalah?
Nama Faisal sumantri Hamudeng
HapusNim 10156120225
Jawaban:
Mnurut saya siswa yang nakal memang harus bahkan wajib diberikan hukuman agara siswa tersebut bisa sadar akan apa yang dilakukannya dan agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, tetapi hal ini juga harus di barengi dengan nasehat dan kata kata yang baik yang bisa membuat siswa tersebut sadar akan semuanya
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusNama:Muhammad Zadiq
HapusNim:10156120226
Tanggapan: sedikit tambahan dari jawaban dari Faisal sumantri hamudeng bahwa
Hukuman berperan penting dalam membangkitkan motivasi belajar dan disiplin peserta didik. Namun tidak semua hukuman mampu melakukan hal itu, hanya hukuman yang mendidik! Dan hukuman yang mendidik adalah hukuman yang tidak lepas dari rasa kasih sayang dan perkembangan psikis peserta didik. Hukuman yang mendidik membuka peluang bagi anak untuk mengetahui kesalahannya.
Nama : Siti Nurfadilah
HapusNim : 10156120222
Tanggapan : Banyak cara menghadapi murid yang nakal atau bermasalah contohnya seperti, lebih banyak mengobrol dengannya, anak yang nakal pasti ada penyebabnya. Oleh sebab itu, kita sebagai guru lebih baik menyempatkan waktu untuk mengobrol dengan murid tersebut. Cobalah kita memahami apa keinginannya agar dia mau mengikuti pelajaran dan menjaga sikapnya. Dengan cara seperti ini, kita sudah membuat “ikatan” dengan murid tersebut. Dengan begitu, murid tersebut bisa menghormati kita dan Ketika dia melakukan kesalahan, buatlah hukuman yang positif untuknya. Positif di sini adalah, hukuman yang diberikan tidak hanya dilakukan karena kesalahan dia semata, tetapi juga memberikan pelajaran di dalam hukuman tersebut. Contohnya, Jika tidak mengerjakan PR, maka PR-nya akan ditambah lagi. Secara tidak langsung hukuma tersebut mengajarkan kalau mengerjakan PR itu sangatlah penting.
Nama: Husnia
HapusNim: 10156120228
Tanggapan: Seperti apa itu menyerahkan kebudayaan kepada anak didik berupa kepandaian.dan berikan contohnya
Nama : Muh Ibnu Irham
HapusNim :10156120236
Jawaban
Memberikan pelajaran kepada siswa menanamkan nilai - nilai yang bermoral kepada siswa, dan intinya membuat siswa menjadi cerdas dan bisa berguna di masa yang akan datang. Dan lagi lagi itu tugas seorang guru.
Nama:Muh.Anhar Y
HapusNim:10156120231
Perlu kembali diingat bahwa konotasi hukuman guru memang bukan kebencian kepada siswa tapi justu rasa sayang. Namun, guru juga manusia yang punya marah dan emosi, apalagi jika pelanggaran siswa telah melampaui batas toleransi hubungan guru dengan siswa
Nama : Hijrah
HapusNim : 10156120216
Tanggapan : dalam menanggapi siswa yang nakal berikan saja kepadanya mereka hukuman yang positif serta berikan pemahaman bahwa apa yang dilakukannya itu tidak baik Dan juga tidak menguntungkan bagi dirinya Dan juga jgn hanya berfokus kepada hal hal negatif yang dilakukannya lihatlah juga hal hal positif yang dia lakukan Dan cobalah belajar mendengarkan peserta didik
Nama : Muh Ibnu Irham
HapusNim : 10156120236
Jawaban
Jika ada pelanggaran siswa sudah melewati batas tentu guru akan memanggil ke 2 orang tuanya dan membicarakan kenakalan siswanya kepada orang tua. Dan disitu guru pasti bekerja sama dengan orang tuanya untuk bisa mendidik siswa tersebut supaya bisa menjadi siswa yang disiplin dan tentu membuat siswa tidak melakukan pelaggaran lagi, jika masih tidak bisa perlu ada tidakan dari pihak sekolah untuk mengeluarkan siswa tersebut agar menjadikan suatu pelajaran baginya untuk bisa berubah
Nama: Muhammad Basir
HapusNim:10156120232
Tanggapan: apakah dengan mengeluarkan bersekolah iti bisa membuat nya berubah? Klu kita mengeluarkan di sekolah tentu generasi" kita akan menjadi kurang pendidikan !
Nama: kiflin
BalasHapusNim:10156120230
Menurut saya bahwa guru sangat berperan penting karena mereka mempunyai keahlian yg profesional dalam bidangnya dan mampu membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi hasil kemampuan murid sesuai mata pelajaran yg di berikan kepada seorang murid .
Nama : Muh Ibnu Irham
HapusNim :10156120236
Tanggapan
Bagaiamana pendapat saudara tentang UUD perlindungan Anak yang dimana undang2 tersebut justru membuat siswanya berani melawan gurunya, tentu guru akan susah mendidik siswanya krn menghukum saja jika siswa a merasa keberatan guru tersebut bisai dikenai pidana, jadi bagaimana tanggapan saudar mnegenai hal tersebut?
Nama:Muh.Anhar Y
BalasHapusNim:10156120231
Mesti kah ada guru BK dalam sekolah karena tugas guru BK itu telah di laksanakan oleh guru pada umumnya?
Nama:Muhammad Zadiq
HapusNim:10156120226
Tanggapan: Guru BK (Bimbingan Konseling) memiliki peran penting dalam sekolah untuk memantau, membuat dan memastikan siswa berperilaku baik. Setiap sekolah mempunyai guru BK untuk menangani berbagai kasus yang terjadi di lingkungan sekolah, khususnya yang melibatkan siswa dan siswi di sekolah.
Nama : Siti Nurfadilah
HapusNim : 10156120222
Tanggapan : Kehadiran guru bimbingan dan konseling dalam suatu sekolah dipandang sangat penting karena adanya perbedaan individu anak didik, atau bahasa anak zaman sekarang adalah labil. Setiap anak didik memiliki pemikiran, sikap, kepribadian yang berbeda, dan juga bahwa setiap anak atau individu mengalami perkembangan dalam berbagai aspek dalam dirinya. Bahkan dapat menimbulkan perasaan yang berbeda pada diri setiap anak yang akhirnya menjadi sebuah permasalahan pada diri anak. Maka dibutuhkanlah guru bimbingan dan konseling untuk membantu mengatasi dan menemukan jalan keluar untuk anak didik.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusNama: Husnia
HapusNim: 10156120228
Tanggapan
guru BK memiliki peran pnting dalam sekolah untuk memantau membuat dan memastikan siswa berperilaku baik, setiap sekolah memiliki guru Bk untuk menangani berbagai kasus yang terjadi dilingkungan sekolah khususnya yang melibatkan siswa dan siswi di sekolah.
Nama :Hijrah
HapusNim : 10156120216
Tanggapan : Guru bk memiliki peran yang tentunya penting dalam membantu proses belajar mengajar dikarenakan dpt membantu para peserta didiknya dalam mengembangkan dirinya secara optimal
Nama : Siti Nurfadilah
BalasHapusNim : 10156120222
Jawaban : Peran guru bimbingan konseling sangatlah penting dalam proses pembelajaran, untuk membantu peserta didik baik secara individu maupun kelompok untuk mengenali permasalahan yang dihadapi agar terbentuk peserta didik yang mandiri dan bisa berkembang kearah yang lebih baik.
Nama:Muhammad Zadiq
HapusNim:10156120226
Tanggapan: selain itu Guru BK harus bisa mengarahkan siswa terkait manajemen diri, kebiasaan, tugas-tugas, dan perilaku yang diharapkan dan sesuai dengan tujuan yang di cita-citakan.
Nama : sugiono
BalasHapusNim : 10156120242
Jawaban : seorang Guru harus mampu memberikan dorongan serta motivasi untuk menumbuhkan aktivitas dan kreativitas siswa. Peranan guru dalam memberikan motivasi untuk melihat potensi yang dimiliki siswa dan siswa dapat berkembang sesuai dengan harapan dan cita-cita.
Nama: Husnia
BalasHapusNim: 10156120228
jawaban: guru bimbingan konseling merupakan seorang pendidik yang memiliki tugas membantu anak didik mengatasi masalah yang sedang di alami siswa dilingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah.guru konseling bertanggung jawab membantu siswa menyadari kemampuan mereka sendiri.yang menghalangi proses pembelajaran yang mereka hadapi.
Nama : sugiono
HapusNim : 10156120242
Tanggapan
Bagaimana cara satu orang guru melayani puluhan peserta didik untuk membentuk karakter peserta didiknya.
Apakah tidak kewalahan gitu?🤔
Nama : Muh Ibnu Irham
HapusNim : 10156120236
Jawaban
Guru tidak pernah kewalahan mendidik siswa meskipun siswanya sangat banyak, makanya dikatakan pekerjaan yang paling mulia adalah menjadi seorang guru, krn seoarang guru mampu mendidik siswanya dengan penuh kasi sayang, guru itu sperti orang tua kita dirmh mengjarkan kita hal2 yang baik tidak peduli seberapa bnyk siswanya krn guru mampu mendidik siswanya dengn penuh kesabaran untuk apa untuk kesuksesan anak anaknya.
Nama sugiono
HapusNim 10156120242
Tanggapan :
Nah bagaimana seorang guru dalam membentuk karakter peserta didiknya dengan membeda-bedakan dengan alasan bahwa peserta didiknya ini berada pada golongan orang² yang memiliki latar belakang keluarga yang dimuliakan
Nama Faisal Sumantri Hamudeng
HapusNim 10156120225
Jawaban : menurut saya ner kalau memang nya dia dari golongan orang2 yang memiliki latar belakang keluarga yang dimuliakan atau keluarga terpandang siapapun dia baik itu anak dari seorang presiden,gubernur,bupati,atau anaknya rektor klau memangnya si anak ini nakal dan kenakalannya ini sudah melebihi batas ya kenapa tidak, dia juga harus diberi hukuman atau pelajaran tapi ketika kita memberi hukuman pada siswa manapun janganlah kemudian kita sebagai guru mnyentuh ataupun memukul siswa kita karna kita juga harus ingat bahwa skrng itu sudah ada undang2 perlindungan anak
Jngankan kita sebagai guru memukul siswa kiTa cubit saja apabila dia merasa sakit kita sebagai guru bisa dilaporkan dan dipenjarakan
Berilah dia hukuman yang membuat siswa ini bisa kapok tanpa kita harus menyentuhnya misalnya ketika siswa ini melakukan kesalahan seperti sering bolos,atau tidak pernah mngerjakan tugas, kita suruh saja menulis basmalah sebanyak 3 sampai 5 lembar
Insyaallah kapok itu siswa
Nama : Hijrah
BalasHapusNim : 10156120216
Jawaban : Bimbingan dan konseling sangat penting dalam proses pembelajaran dikarenakan dapat membantu individu mengembangkan diri secara optimal sesuai dengan tahap perkembangan dan predisposisi yang dimilikinya (seperti kemampuan dasar dan bakat-bakatnya), berbagai latar belakang yang ada (seperti latar belakang keluarga, pendidikan, status sosial
Nama : Hijrah
BalasHapusNim : 10156120216
Jawaban : Tugas utama dari seorang guru yaitu mengajar, mendidik, mengarahkan, melatih,membimbing, menilai, Dan mampu mengevaluasi peserta didiknya.
Sedangkan tugas tambahan guru menurut pakar yaitu sebagai administrator Dan manajer disamping mendidik, sebagai perencana kurikulum, sebagai pemimpin Dan sebagai sponsor dalam kegiatan peserta didik
Nama:Tazkiatul Amalia
BalasHapusNim :10156120249
Tanggapan:bimbingan konseling itu penting dalam proses pembelajaran karna membantu peserta didik dalam mengembangkan kehidupan pribadi,kehidupan sosial dan kegiatan belajar.
Nama:Tazkiatul Amalia
BalasHapusNim :10156120249
Jawaban:Tugas utama guru yaitu mengajar,mendidik,membimbing dan mengarahkan,menilai,juga mengembangkan keterampilan² pada siswa
Tugas tambahan menurut pakar
Menerima dan mematuhi norma nilai-nilai kemanusiaan dan menghargai orng lain termasuk anak didik..
Nama :Aslam
HapusNim :10156120250
Baik saya sedikit menanggapi, jawaban dari saudari tazkia. Bagaimana sih pendapatmu tentang pendidik anak, apa perang yang di lakukan seorang guru, supaya nyaman belajar?
Nama: Muhammad Basir
BalasHapusNim10156120232
Peranan guru BK dalam memberikan motivasi untuk mendinamiskan potensi yang dimiliki siswa dan siswa dapat berkembang sesuai dengan harapan dan cita-cita. Guru BK mengarahkan siswa terkait manajemen diri, kebiasaan, tugas-tugas, dan perilaku yang diharapkan dan sesuai dengan tujuan yang di cita-citakan.
Dan Tugas utama seorang guru adalah membimbing anak muridnya agar bisa menjadi siswa cerdas ,dan melindugi anak didik nya.
Menurut Noor Jamaluddin “1978:1”
Guru merupakan pendidik, yaitu orang dewasa yang bertanggung jawab memberi bimbingan atau bantuan kepada anak didik dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar mencapai kedewasaannya mampu berdiri dapat melaksanakan tugasnya sebagai makhluk Allah Khalifah di muka bumi, sebagai makhluk sosial dan individu yang sanggup berdiri sendiri.
Nama : Sarmila
BalasHapusNim:10156120252
Peranan guru BK dalam memberikan motivasi untuk mendinamiskan potensi yang dimiliki siswa dan siswa dapat berkembang sesuai dengan harapan dan cita-cita. Guru BK mengarahkan siswa terkait manajemen diri, kebiasaan, tugas-tugas, dan perilaku yang diharapkan dan sesuai dengan tujuan yang di cita-citakan
Nama: Muh Taufik
HapusNim: 10156120217
Jadi langsung saja, kepada saudari Sarmila, coba berikan tanggapan anda mengenai apa yg dimaksud dng mendinamiskan potensi Siswa..?
Nama: Yusril Mangewa
BalasHapusNIM: 10156117059
Tanggapan:
Karena BK adalah peran guru kelas dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah yang terintegrasi dalam pendidikan di mana dilakukan oleh tenaga Pendidik dengan cara bimbingan klasikal atau kelompok untuk mengembangkan berbagai aspek, yaitu aspek pribadi, sosial, belajar dan karir.
Tugas utama dari seorang guru adalah membimbing dan mencerdaskan peserta didik.
Sudirman menyatakan bahwa tugas dari seorang guru dalam kegiatan BK yaitu: informator, organisator, motivator, directors, transmitter, fasilitator, mediator, dan evaluator.
Assalamu alaikum Wr.Wb
BalasHapusNama: Muh Taufik
Nim: 10156120217
Jadi langsung saja jawaban saya yaitu, Peran guru bimbingan konseling sangatlah penting dalam proses pembelajaran, untuk membantu peserta didik baik secara individu maupun kelompok untuk mengenali permasalahan yang dihadapi agar terbentuk peserta didik yang mandiri dan bisa berkembang kearah yang lebih baik.
Nama : Aslam
BalasHapusNim : 10156120250
Jawaban, peran guru memang penting dalam konseling pembelajaran. Karna murid memang penting mendapatkan pendidikan, karna tanpa pendidikan seorang anak,akan tak karu karuan hidupnya.
nama:abd wahab
BalasHapusnim :10156120244
bimbingan konsseling disingkat bk adalah proses interaksi antara konselor dengan konseli baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka untuk membantu konseli agar dapat mengembangkan potensi dirinya maupun memecahkan permasalahan yang dialaminya
nama:abd wahab
BalasHapusnim :10156120244
tanggapan
guru bk apa bila ada siswa yg bermasalah langsung saja panggil org tuanya supaya d tau perilaku anak nya selama d sekolah